Berikut Jurusan yang Banyak Dibutuhkan pada Seleksi CPNS-PPPK di Kementerian Keuangan

Berikut Jurusan yang Banyak Dibutuhkan pada Seleksi CPNS-PPPK di Kementerian Keuangan

Seleksi CPNS-PPPK Kemenkeu 2023--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seperti yang diumumkan sebelumnya, bahwasanya pembukaan Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai pada 17 September 2023 mendatang. 

Dalam rekrutmen pada tahun 2023 ini akan dibuka sebanyak 572.496 formasi CPNS dan PPPK meliput 78.862 formasi di instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi di pemerintah daerah.

Dalam pembukaan pendaftaran CPNS tahun ini tidak jauh seperti pada tahun sebelumnya yakni ada beberapa instansi yang paling banyak diincar oleh pelamar. 

Seperti Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang selalu menjadi incaran pelamar. Pasalnya, gaji dan fasilitas yang ditawarkan dinilai menggiurkan.

BACA JUGA:Disnakeswan Lampung Gelar Kampanye Gizi Produk Peternakan di Pesisir Barat

Namun untuk rekrutmen CPNS Kemenkeu melalui jalur umum terakhir dibuka pada tahun 2019 lalu. 

Pasalnya pada tahun 2020 dan 2021, Kemenkeu fokus mengisi kebutuhan pegawainya dari para lulusan Politeknik Keuangan Negara atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Sementara untuk CPNS tahun 2023 ini, belum ada informasi apakah Kemenkeu akan membuka rekrutmen jalur umum.

Namun jika dilihat berdasarkan rekrutmen CPNS tahun 2019, ada 8 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan Kemenkeu saat itu, diantaranya :

BACA JUGA:Soal Proyek Irigasi Tanpa Plang di Kebun Tebu, Begini Jawaban DPUPR Lampung Barat

1. Ekonomi atau Ilmu Ekonomi

Jurusan ini tak hanya dimiliki oleh lulusan PKN STAN saja. Banyak perguruan tinggi meluluskan Sarjana Ekonomi atau Ilmu Ekonomi dan berhasil menjadi CPNS.

Adapun jabatan yang ditawarkan yakni Analis Kebijakan - Ahli Pertama dan Analis Keuangan.

2. Akuntansi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: