Papua Bakal Jadi 7 Provinsi, Terbaru Usulan Provinsi PBT Pemekaran dari Papua Barat

Papua Bakal Jadi 7 Provinsi, Terbaru Usulan Provinsi PBT Pemekaran dari Papua Barat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia dengan luas 418.707,7 kilometer persegi.

Pulau terbesar di Indonesia ini terdiri menjadi 6 bagian provinsi meliputi Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

Jika melihat luasnya wilayah ini, kembali muncul rencana untuk pembentukan provinsi baru lagi di tanah Papua ini.

4 kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat telah mencapai kesepakatan untuk mengajukan usulan pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

BACA JUGA:Sawah di Suoh dan BNS Mengering Akibat Kemarau, Tanaman Padi Berpotensi Gagal Panen

DOB tersebut diberi nama Provinsi Papua Barat Tengah atau PBT. Ke-4 kabupaten yang terlibat dalam usulan ini adalah Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Fakfak, dan Kaimana.

Inisiatif ini berasal dari para kepala daerah, termasuk Bupati Teluk Wondama, Hendrik Mambor; Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw; Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom; dan Wakil Bupati Kaimana, Hasbullah Furuada.

Mereka sepakat untuk mengusulkan pembentukan Provinsi Papua Barat Tengah, yang akan mencakup wilayah administratif keempat kabupaten tersebut. Sebelumnya, proposal DOB ini telah diberi nama Provinsi Bomberay Raya, mengambil nama dari wilayah adat setempat.

Keseriusan para pemimpin daerah ini terhadap pembentukan DOB baru ini terlihat dari komitmen mereka untuk mengalokasikan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) guna mendukung tim percepatan pembentukan calon DOB Provinsi Papua Barat Tengah.

BACA JUGA:15 Camat di Lampung Barat Diminta Intensifkan Penagihan PBB-P2

Kota yang diusulkan menjadi ibukota Provinsi Papua Barat Tengah adalah Bomberay, yang terletak di antara Gunung Mbaham dan Gunung Nabi. 

Kawasan ini memiliki luas 2.574 km² dan berada di posisi tengah yang menjadi pusat pertumbuhan untuk keempat kabupaten tersebut.

Dari segi sejarah dan budaya, Bomberay merupakan salah satu dari tujuh wilayah adat dan budaya di Papua dan Papua Barat. 

Sebagai tempat pertemuan suku-suku besar di wilayah Papua Barat, wilayah ini telah lama membutuhkan pendekatan pelayanan yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: