Ini Dia 10 Agama yang Tersebar dan Terbesar di Dunia

Ini Dia 10 Agama yang Tersebar dan Terbesar di Dunia

--

3. Hindu

Agama Hindu inibternyata menjadi ketiga terbesar di seluruh dunia. Asal muasalnya agama Hindu, dengan memiliki 1,1 miliar pengikut, sangat sulit dijabarkan karena bermula dari penggabungan yang berbagai kepercayaan.

Resmi terbentuk di antara tahun 2300 SM. dan 1500 SM, Lembah Indus yang dekat dengan Pakistan modern adalah lokasi dimana pertama kali berkembangnya agama ini.

Biasanya agama ini dianggap sebagai 'agama dengan 330 juta dewa', yang mayoritas umat Hindu hanya menyembah satu dewa, dan meskipun mereka juga menerima keberadaan dewa lain.

BACA JUGA:KUR BRI 2023, Syarat Mudah dan Plafon Hingga Rp 500 Juta

4. Buddha

Buddha yang dianut sekitar 500 juta orang di seluruh dunia. China dengan memiliki jumlah umat Buddha paling banyak di dunia dengan mencapai 244 juta. 

Selanjutnya ada di Thailand dengan 64,4 juta dan di Jepang sebanyak 45,8 juta.

Tujuan dari agama ini adalah untuk mencapai pencerahan yang disebut dengan Nirwana, melalui meditasi, kebaikan, dan kerja keras. 

5. Shinto

Shinto ini agama yang berasal dari Jepang, yang tidak memiliki doktrin atau cerita asal usul dengan pasti. Sederhananya, kepercayaan  Shinto ini condong pada konsep personifikasi.

BACA JUGA:Wujud Kecintaan Kepada NU Peratin Prayitno Serahkan Bantuan Plang

Dengan jumlah sekitar 104 juta pengikut, Shinto yang berfokus pada leluhur dan alam.

6. Sikhisme

Kepercayaan ini juga relatif baru dibandingkan dengan agama lainnya, tetapi memiliki pengikut sebanyak 25 juta orang. Sikhisme yang lahir di India pada 1500-an M dari ajaran Guru Nanak dan sembilan penerusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: