Resmi Jabat Ketua Bawaslu Lampung Barat, Novri Jonestama: Bawaslu Adalah Lembaga Hirarki dengan Satu Komando

Resmi Jabat Ketua Bawaslu Lampung Barat, Novri Jonestama: Bawaslu Adalah Lembaga Hirarki dengan Satu Komando

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Novri Jonestama, S.Sos, MM., usai resmi dilantik bersama dua komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat, periode 2023-2028 lainnya, dalam waktu dekat akan melakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran.

Menurut Novri Jonestama, Bawaslu merupakan Lembaga hirarki dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, hingga tingkat pekon yang merupakan salah satu badan yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Antusias Warga Pekon Sukaraja Meriahkan Semarak HUT RI Tuai Pujian

Karena itu, Jones---sapaan Novri Jonestama menegaskan, bahwa jajaran Bawaslu harus satu komando dalam pelaksanaan tugas dan wewenang.

Pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran, baik sekretariat, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panwascam maupun dengan seluruh Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

BACA JUGA:Dari 1.466 Pengajuan, Baru 561 Sertifikat Halal di Pesisir Barat Diterbitkan

"Sekretariat dan Pimpinan Bawaslu harus saling bersinergi, dan saya mengharapkan konsistensi dari sekretariat Bawaslu kepada pimpinan dan antara pimpinan dengan sekretariat saling support, saling bahu membahu dalam melaksanakan tugas lembaga, karena itu langkah awal kami yakni melakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran," ungkap Jones---sapaan Novri Jonestama.

Kemudian, lanjut dia, sesuai amanat dari Ketua Bawaslu RI agar segera bekerja karena ada potensi sengketa seusai pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS), maka pihaknya segera melakukan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:Begini Harapan KPU Pesisir Barat Terhadap Komisioner Baru Bawaslu

"Selain itu pesan ketua Bawaslu RI bahwa jajaran komisioner Bawaslu Lampung Barat harus membicarakan persoalan secara bersama-sama, bukan mengedepankan voting. Kami tentunya akan menjalin koordinasi yang baik serta menjalankan tugas sesuai divisi masing-masing dalam tugas pengawasan ini," imbuhnya.

Untuk diketahui, surat resmi Bawaslu RI Nomor 2573.1/KP.01.00/K108/2023 yang dikeluarkan oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmad Bagja, pada tanggal 18 Agustus 2023 di Jakarta mengungkapkan bahwa para calon anggota tersebut telah melewati penilaian uji kelayakan dan kepatutan.

BACA JUGA:Soal PT KCMU, Pemkab Pesisir Barat Bentuk Tim

Sebelumnya, Bawaslu Lampung Barat sempat mengalami kekosongan, dikarenakan jabatan Komisioner Bawaslu Lampung Barat periode 2018-2023 telah habis, sementara tahapan rekrutmen belum selesai.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: