Begini Harapan KPU Pesisir Barat Terhadap Komisioner Baru Bawaslu

Begini Harapan KPU Pesisir Barat Terhadap Komisioner Baru Bawaslu

Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) berharap seluruh Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesbar yang telah dilantik oleh ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, di Jakarta, pada Sabtu (19/8/2023) lalu, bisa terus bersinergi untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Selamat kepada Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Pesbar yang telah dilantik, kita berharap untuk terus bersinergi dengan KPU Pesbar dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Pesbar ini khususnya," kata Ketua KPU Kabupaten Pesbar, Marlini, Senin (21/8/2023).

Menurutnya, dalam suksesi Pemilu 2024 tentu harus didukung peran serta semua pihak, termasuk Bawaslu sebagai pengawas dalam pelaksanaan tahapan maupun hingga pelaksanaan Pemilu. 

Pengawasan tentu dalam semua hal yang berkaitan tentang kepemiluan maupun lainnya. Karena itu, dengan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Pesbar itu tentu diharapkan dapat mewujudkan Pemilu yang profesionan dan berkualitas.

BACA JUGA:Soal PT KCMU, Pemkab Pesisir Barat Bentuk Tim

"Kita juga berharap dengan peran serta semua pihak termasuk Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 itu tetap berjalan aman dan kondusif," ungkapnya.

Sekedar diketahui, sebanyak 1.912 anggota dari 514 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota seluruh Indonesia masa jabatan 2023-2028, resmi dilantik secara serentak oleh ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, di Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Salah satunya Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yakni Abd.Kodrat S, S.H, M.H., yang menjabat sebagai Ketua juga selaku Koordinator Divisi SDMO, Pelatihan dan Datin, dengan anggota Ayu Mega Sari, S.S., selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas dan Hubal, serta J.Wilyan Gulta, A.Md.Kom., selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesbar, Abd.Kodrat S, mengatakan, sesuai arahan  ketua Bawaslu RI usai pelantikan itu minta agar anggota Bawaslu yang telah dilantik itu untuk meneruskan kerja Bawaslu Kabupaten/Kota periode sebelumnya dalam menjaga demokrasi melalui pengawasan Pemilu. 

BACA JUGA:Mantap Jadi Caleg DPR RI, Wagub Nunik Klaim Telah Ajukan Surat Pengunduran Diri

Terlebih, dalam Pemilu 2024 mendatang akan berbeda dengan Pemilu sebelumnya, terutama mengenai keserentakan.

“Karena itu, Ketua Bawaslu RI meminta seluruh anggota Bawaslu Kabupaten/Kota untuk tetap menjaga solidaritas dan komunikasi diantara rekan anggota lain serta penyelenggara Pemilu lainnya,” kata Kodrat, Minggu (20/8/2023).

Dijelaskannya, untuk di Bawaslu Kabupaten Pesbar ini tentu setelah pelantikan, dalam langkah awal ini terlebih dahulu akan melaksanakan rapat internal dan memperkenalkan diri dengan rekan kerja yang baru, serta yang terpenting akan melakukan pembenahan di internal Bawaslu setempat agar dapat lebih kuat lagi, mengingat tujuan Bawaslu salah satunya untuk menjadikan Bawaslu terpercaya dalam pengawasan Pemilu.

“Artinya, dalam struktur internal harus diperkuat kembali. Kemudian, kita juga akan melakukan penguatan sinergitas terhadap stakeholder, termasuk unsur Gakkumdu, maupun lainnya,” jelasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: