Soal PT KCMU, Pemkab Pesisir Barat Bentuk Tim

Soal PT KCMU, Pemkab Pesisir Barat Bentuk Tim

Bentrokan yang terjadi di perkebunan sawit PT KCMU menyebabkan sejumlah orang mengalami luka-luka--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pasca terjadi bentrok antara kelompok masyarakat yang mengatasnamakan perkumpulan masyarakat bersatu (Pambers) dengan sekelompok masyarakat dari PT. Karya Canggih Mandiri Utama (KCMU) yang berlokasi di lahan perkebunan kelapa sawit, Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Selasa (15/8/2023) lalu.

Pemerintah Kabupaten Pesbar telah membentuk tim sebagai salah satu upaya untuk penyelesaian permasalahan lahan perkebunan kelapa sawit antara PT KCMU dengan kelompok masyarakat dalam hal ini petani sawit di Kabupaten setempat.

Plt. Sekkab Pesbar, Drs.Jon Edwar, M.Pd., mengatakan, mengenai persoalan lahan perkebunan sawit, Pemkab telah membentuk tim untuk penyelesaian masalah itu. 

Bahkan, sudah mengumpulkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera menyiapkan segala bentuk dokumen PT KCMU yang ada di Pemkab setempat.

BACA JUGA:Mantap Jadi Caleg DPR RI, Wagub Nunik Klaim Telah Ajukan Surat Pengunduran Diri

“Tim yang terdiri dari beberapa OPD terkait dilingkungan Pemkab Pesbar ini berada dibawah Sekkab Pesbar,” katanya.

Karena itu, lanjutnya, seluruh OPD terkait itu segera melengkapi dokumen yang ada. Sehingga, dapat ditindaklanjuti kembali. 

Dirinya berharap dalam persiapan dokumen PT KCMU yang ada di Pemkab Pesbar itu tidak ada kendala, sehingga Pemkab Pesbar secepatnya menindaklanjuti persoalan itu.

“Pemkab Pesbar berharap pasca terjadinya bentrok di perkebunan sawit hingga menyebabkan ada masyarakat yang luka-luka itu situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bisa kembali kondusif dan terjaga,” jelasnya.

BACA JUGA:Kepala DKP Lampung Barat Pastikan Stok Cadangan Pangan Aman

Mengingat, kata dia, selama ini situasi di Kabupaten Pesbar ini berjalan dengan aman dan kondusif. 

Kedepan juga diharapkan agar bentokan seperti yang terjadi sebelumnya itu tidak terulang kembali. 

Untuk itu, Pemkab setempat mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas tersebut, jangan sampai ada masyarakat yang menjadi korban jika persoalan lahan perkebunan sawit itu berlarut-larut.

“Karena itu, Pemkab Pesbar juga berharap agar permasalahan yang ada di PT KCMU itu bisa segera selesai atau ada solusi dan juga titik temunya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: