Cegah Kebakaran Lahan, Camat Pulau Pisang: Jangan Bakar Sampah Sembarangan

Cegah Kebakaran Lahan, Camat Pulau Pisang: Jangan Bakar Sampah Sembarangan

Camat Pulau Pisang Apriyansyah, S.Kom--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengimbau masyarakat di kecamatan setempat tidak membakar sampah sembarangan, terutama pada lokasi yang dapat menyebabkan semak belukar terbakar.

Camat Pulau Pisang Apriyansyah, S.Kom, mengatakan musim kemarau yang mulai terjadi dapat menyebabkan kebakaran lahan, karena tanah dan tumbuhan menjadi kering sehingga mudah terbakar.

BACA JUGA:Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Pesisir Barat Berlangsung Khidmat

“Sekarang memang sedang terjadi musim kemarau, yang menyebabkan tanah dan tumbuhan menjadi kering, jika melakukan pembakaran lahan maka akan cepat terbakar,” kata dia.

Dijelaskannya, Kamis (17/8), Masyarakat di Pekon Sukadana, Kecamatan Pulau Pisang digegerkan oleh kebakaran lahan, beruntung masyarakat langsung sigap melakukan pemadaman.

BACA JUGA:Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lampung Barat Berlangsung Khidmat

“Ada masyarakat yang membakar sampah kemudian merembet ke semak-semak sehingga terjadi kebakaran pada lahan kosong yang berada di belakang SMPN Pulau Pisang, tapi api berhasil dikendalikan sehingga tidak semakin meluas,” jelasnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, diharapkan menjadi pelajaran bagi masyarakat agar berhati-hati saat melakukan pembakaran sampah, sampah yang dibakar juga harus dipastikan sudah padam jika ingin ditinggalkan.

BACA JUGA:Diskominfotiksan Pesisir Barat Upayakan Penguatan Jaringan Telekomunikasi

“Jangan meninggalkan lokasi pembakaran sampah jika api belum padam, karena dengan kondisi cuaca seperti ini api akan lebih cepat merembet dan membakar yang ada disekitarnya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, karena lahan yang kering akan mudah terbakar dan lebih cepat merambat.

BACA JUGA:Perlombaan Merayakan HUT RI Ke-78 di RT 06 Jagabaya II Berlangsung Seru dan Bertabur Hadiah

“Kami terus mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan kegiatan yang dapat memicu kebakaran lahan, semoga tidak ada musibah kebakaran di Pulau Pisang,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: