Apakah Kamu Termasuk Penerima Bantuan Subsidi Upah 2023? Ini Panduan Mudah Melakukan Pengecekan di HP

Apakah Kamu Termasuk Penerima Bantuan Subsidi Upah 2023? Ini Panduan Mudah Melakukan Pengecekan di HP

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bantuan Subsidi Upah (BSU) merupakan program bantuan uang tunai diberikan oleh pemerintah untuk para pekerja yang memenuhi persyaratan. 

Program bantuan pemerintah tersebut, pertama kali diluncurkan pada awal pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi negara Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah termasuk penerima BSU tahun 2023, jangan bingung-bingung Anda bisa membaca panduan sebagai berikut.

Didalamnya Anda akan dijelaskan secara rinci agar mudah untuk mengaksesnya, penasaran bagaimana cara melakukan pengecekan secara online, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Ingin Dapat Bansos Rp 600 Ribu? Caranya Sangat Mudah Bagi Pemegang Kartu BPJS KIS

Pertama-tama Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Bantuan Subsidi Upah atau yang biasa disingkat BSU terlebih dahulu.

Bantuan Subsidi Upah atau BSU merupakan program bantuan dari pemerintah yang telah diluncurkan untuk membantu masyarakat juga dinantikan oleh banyak orang. 

Program tersebut bertujuan untuk membantu para pekerja yang terdampak oleh pandemi Covid-19 dengan memberikan subsidi bagi upah mereka. 

Karena itu, penting rasanya untuk mengetahui cara mengecek kepesertaan kita dalam program yang telah diluncurkan pemerintah melalui Kementerian 

BACA JUGA:Soal BLT-BBM, Dinsos Pesbar Masih Tunggu Pusat

Ketentuan Penerima BSU Ketenagakerjaan 2023 ini tidak diberikan kepada semua orang. Namun terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar bisa menjadi peserta penerima BSU. 

Dengan tujuannya untuk membantu pekerja yang benar-benar membutuhkan bantuan akibat dampak Covid-19.

Simak beberapa ketentuan bagi penerima bantuan tersebut, diantaranya seperti pekerja formal dan non formal dengan gaji per bulan di bawah Rp 5 juta.

 Kemudian penerima tidak boleh menerima bantuan lain dari pemerintah. Juga pekerja formal harus terdaftar di Jaminan Sosial Tenaga Kerja Jamsostek.

BACA JUGA:IKABARA Nusantara Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Pekon Kenali

ketentuan kedua dari program pekerja non formal harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Lalu penerima harus terdampak oleh pandemi Covid-19.

Nah ini untuk Cara Mudah Cek Penerimaan BSU Secara Online pada zaman digital saat ini, anda bisa dengan mudah mengecek apakah anda termasuk peserta penerima BSU secara online.

Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor atau lembaga yang terkait. Cukup dengan menggunakan smartphone dan sinyal internet yang baik dan stabil.

Lalu anda bisa dengan cepat melakukan pengecekan. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengecek siapa saja yang jadi peserta BSU apakah anda termasuk penerima program tersebut atau tidak.

BACA JUGA:Kisah Dibalik Desain Kekinian Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5, Ponsel Lipat Buat Anak Muda

Melalui Aplikasi e-Form Jamsostek

Kalau Unduh dan pasang aplikasi e-Form Jamsostek dari Google Play Store atau App Store.

Kemudian buka aplikasi, lalu buat akun dengan mengisi data yang diperlukan. Setelah akun dibuat, masukkan NIK dan nomor handphone yang terdaftar.

Kemudian tekan dan Cek Penerima dengan begitu data penerima BSU kamu akan muncul.

Dengan melalui Situs Resmi Kemnaker anda dapat membuka browser dan masuk ke website resmi Kemnaker kemnaker.go.id.

BACA JUGA:Biadab! Anak Tega Menghabisi Nyawa Ibu Kandung, Begini Kronologis Kejadiannya

Kemudian pilih menu BSU dan masukkan NIK serta nomor handphone yang terdaftar. Klik Cek Penerima untuk melihat apakah kamu salah satu penerimaan BSU tersebut.

Selain itu, Anda dapat menggunakan Aplikasi PosPay dengan cara Unduh dan pasang aplikasi PosPay dari Google Play Store atau App Store.

Setelahnya buka aplikasi, buat akun, dan isi data yang diperlukan. Kemudian pilih menu BSU, masukkan NIK dan nomor handphone yang terdaftar di hp Anda. Lalu tekan Cek Penerima untuk melihat informasi penerimaan BSU berikutnya.

Melalui situs BSU BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa membuka browser dan akses situs resmi BSU BPJS Ketenagakerjaan dari website ini bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

BACA JUGA:Rutan Krui Usulkan 139 Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI

Kemudian masukkan NIK, nomor handphone, dan data penerima lainnya. Lakhu Klik Lanjutkan untuk melihat apakah kamu termasuk penerima BSU.

Apabila anda mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa dengan mudah mengecek apakah kamu berhak menerima BSU tersebut. 

Pilihlah cara yang paling sesuai dengan preferensi dan pastikan informasi yang kamu masukkan akurat.

Jika kamu memenuhi syarat, kamu akan mendapatkan bantuan yang sangat membantu dalam menghadapi situasi ekonomi yang sulit seperti sekarang. 

BACA JUGA:Berikut Daftar Uang Kuno yang Jadi Buruan Kolektor dan Punya Nilai Jual Tinggi

Silahkan anda mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan semoga Anda beruntung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: