Soal BLT-BBM, Dinsos Pesbar Masih Tunggu Pusat

Soal BLT-BBM, Dinsos Pesbar Masih Tunggu Pusat

Ilustrasi Bansos--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih menunggu terkait dengan bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui program Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinsos Pesbar, Agus Triyadi, S.I.P, M.M., melalui Kabid Pemberdayaan Sosial, Dyka Feriansyah, S.H., mengatakan, bansos BLT-BBM yang rencananya akan diberikan untuk masyarakat miskin atau kurang mampu itu sebagai upaya Pemerintah dalam rangka menjaga daya beli masyarakat sebagai antisipasi dampak dari kenaikan harga BBM.

“Bansos BLT-BBM itu akan disalurkan untuk empat bulan mulai September hingga Desember 2022 ini, dengan nilai bantuan sebesar Rp150 ribu perbulan untuk setiap KPM,” katanya, Minggu (4/9).

Sehingga, kata dia, total BLT-BBM yang akan diterima oleh KPM itu sebesar Rp600 ribu. Sedangkan, untuk pencairannya dilakukan secara bertahap, setiap tahap pencairan sebesar Rp300 ribu (untuk dua bulan). 

BACA JUGA:Perayaan Satu Abad PSHT Dihadiri Ribuan Warga PSHT Waykanan

Penyaluran bansos BLT-BBM itu nanti melalui kantor Pos. Karena itu, Pemkab Pesbar melalui Dinsos hingga saat ini juga masih menunggu surat dari Kementerian Sosial (Kemensos) mengenai bansos BLT-BBM tersebut.

“Kita juga akan koordinasi dengan pihak kantor Pos, baik yang ada di Pesbar maupun di Provinsi, sembari menunggu jumlah data KPM BLT-BBM untuk di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Karena, kata dia, untuk jumlah KPM BLT-BBM itu langsung dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait. Sehingga, sampai dengan saat ini pihaknya juga belum mengetahui secara pasti berapa jumlah KPM di Pesbar ini yang akan menerima BLT-BBM tersebut. 

Dirinya berharap dalam penyalurannya nanti tidak terkendala dan berjalan lancar. Terlebih penyaluran BLT-BBM itu nanti akan dilaksanakan melalui Kantor Pos.

“Begitu juga dengan masyarakat yang akan masuk dalam data KPM BLT-BBM diharapkan benar-benar tepat sasaran. Kita juga tentu akan koordinasi dengan semua pihak terkait mengenai KPM di Pesbar yang akan mendapat BLT-BBM,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: