4 Warga Terkena DBD, Puskesmas Buay Nyerupa Imbau Tingkatkan PHBS

4 Warga Terkena DBD, Puskesmas Buay Nyerupa Imbau Tingkatkan PHBS

Ilustrasi DBD-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat dihimbau agar mewaspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pasalnya, empat orang warga di Pekon Buay Nyerupa, Bumijaya dan Pagar Dewa di informasikan puskesmas setempat terserang DBD pada bulan kemarin atau Juli 2023.

BACA JUGA:Latihan Manasik Haji, Yayasan Al Afiq Kenalkan Baitullah dan Rukun Islam Kelima

Kepala UPT Puskesmas Buay Nyerupa Metty Syilviani, mengatakan, untuk kondisi terkini para pasien DBD tersebut telah dinyatakan sembuh dan pihaknya telah melakukan langkah pencegahan dan penanggulangan untuk mengantisipasi bertambahnya pasien.

“Saat ini para pasien kondisinya sudah pulih. Kami juga sudah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE). Upaya ini kami lakukan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran serta upaya penanggulangan di sekitar tempat tinggal penderita DBD,” jelasnya.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kota Metro Lampung serta Nama yang Berasal dari Belanda

Dari hasil PE, lanjutnya ditemukan ada sekitar 10 rumah yang lingkungannya terdapat jentik nyamuk Aedes Aegypti seperti pada bak penampungan air di kamar mandi, sehingga pihaknya langsung menaburkan serbuk Abate untuk membunuh jentik tersebut.

“Bersamaan dengan melakukan PE, kami turut mengedukasi masyarakat agar dapat membersihkan lingkungan sekitar, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara menguras bak mandi minimal 1 minggu sekali, membersihkan wadah penampungan air, memakai kelambu saat tidur,” jelasnya.

BACA JUGA:Gelar Lomba Mewarnai, Pekon Tanjung Raya Hadirkan Bunda PAUD Lampung Barat

Disamping itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menumpuk pakaian yang digantung yang berpotensi menjadi tempat hinggapnya nyamuk serta menyarankan masyarakat agar dapat menanam tanaman pengusir nyamuk seperti serai, memakai lavender serta upaya lain yang dapat mengusir nyamuk.

“Karena itu, pola hidup bersih dan sehat harus terus diterapkan oleh masyarakat. Jika menemukan gejala-gejala DBD agar segera memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena orang yang terserang DBD harus mendapatkan penanganan yang cepat,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: