Latihan Manasik Haji, Yayasan Al Afiq Kenalkan Baitullah dan Rukun Islam Kelima

Latihan Manasik Haji, Yayasan Al Afiq Kenalkan Baitullah dan Rukun Islam Kelima

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Yayasan Al Afiq Kabupaten Lampung Barat menggelar latihan manasik haji yang diikuti oleh 122 orang peserta didik TK Islam Terbuka Ar Raudhah dan Santri Pondok Belajar Qur'an Ar Raudhah bertempat di masjid Agung Baiturrahim, Minggu (13/8/2023).

Kegiatan yang digelar dengan mengusung tema ‘Mengenal Baitullah dan Rukun Islam Kelima’ itu bertujuan untuk mengedukasi atau menambah wawasan peserta didik dalam menjalankan ibadah yang menjadi Rukun Islam kelima tersebut. 

Untuk diketahui, yayasan Al-Afiq berdiri sejak tahun 2015 yang bergerak pada bidang pendidikan, dakwah dan sosial. 

Saat ini, yayasan tersebut memiliki unit usaha yaitu Pendidikan Anak usia dini Islam Terpadu Ar Raudhah, Lembaga Pendidikan Pra Sekolah (LPPS) Roudhoh, serta Pondok Belajar Qur'an (PBQ) Ar Raudhoh, dengan sasaran penerima manfaat sejak awal berdiri lebih kurang 800 penerima manfaat. 

BACA JUGA:Gelar Lomba Mewarnai, Pekon Tanjung Raya Hadirkan Bunda PAUD Lampung Barat

Selanjutnya, dari sisi kegiatan sosial yang dilaksanakan ialah berupa santunan, pembagian sembako bagi keluarga pra sejahtera setiap bulan ramadhan, sebar hewan qurban serta sumbangan kepada musibah kemanusiaan baik dalam maupun luar negeri. 

Yayasan Al-Afiq membuka diri kepada semua pihak yang ingin bekerjasama dalam kebaikan dan kemaslahatan masyarakat.

Ketua Yayasan Al-afiq HI Ruslan, S.Kep., Ns,menyampaikan tujuan mendasar dilaksanakannya kegiatan latihan manasik haji ialah untuk mengenalkan dan menghadirkan pemahaman kepada semua siswa dan santri akan urgensi kewajiban berhaji bagi setiap muslim. 

“Selanjutnya menghadirkan semangat pengorbanan Nabi Ibrahim as, Bunda Hajar dan Nabi Ismail as dalam kesabaran menghadapi ujian dari Allah SWT, yang rangkaiannya Allah SWT abadikan dalam proses haji bagi umat Nabi Muhammad SAW,” jelasnya. 

BACA JUGA:Kapolsek Sekincau Lakukan Penyerahan Simbol Negara Kepada Personil Untuk Masyarakat

Lanjutnya, Ibadah haji sendiri adalah ibadah yang membutuhkan persiapan dan kesiapan lebih dibandingkan dengan ibadah ibadah lain. persiapan dan kesiapan harta, fisik dan kesabaran merupakan hal yang harus ada dalam ibadah ini.

“Teriring harapan dan doa agar semua keluarga besar Yayasan Al Afiq maupun kaum muslimin secara umum diberikan kemudahan oleh allah SWT agar dapat menjalankan rukun Islam kelima tersebut, Aamin,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: