Pemprov Lampung Ikut Rakor Pelaksanaan Rangkaian HUT RI Bertema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'

Pemprov Lampung Ikut Rakor Pelaksanaan Rangkaian HUT RI Bertema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung diwakili Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Provinsi Lampung, Saprul Al Hadi mengikuti rapat koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT RI ke-78 secara virtual bersama Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Dalam Negeri, Jum'at 4 Agustus 2023. 

Seperti diketahui setiap 17 Agustus merupakan momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Pada 17 tahun ini merupakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 78 atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78. 

Pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Menteri Sekretaris Negara No. B-523/M/S/TU.00.04/06/2023 tanggal 13 Juni 2023, dan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.1.1/3930/SJ tanggal 28 Juli 2023, menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan semangat patriotisme dan kebanggaan sebagai bangsa yang merdeka.

BACA JUGA:SK Telah Diterima, Pj Bupati Nukman Imbau PPPK Tidak Terlibat Judi Online

Dalam Surat Menteri Sekretaris Negara, pemerintah menegaskan pentingnya memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 dengan semangat patriotisme yang tinggi.

Semarak perayaan kemerdekaan diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air dan kesadaran akan arti penting kemerdekaan bagi kehidupan bangsa dan negara.

Pemerintah juga menekankan perlunya keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam perayaan HUT RI untuk memastikan partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat. 

Acara-acara yang menggambarkan nilai-nilai kepahlawanan, semangat gotong royong, dan persatuan di tengah keberagaman budaya dan suku di Indonesia diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi setiap warga negara.

BACA JUGA:Produksi Pajale di Pesisir Barat Capai 47.100 Ton

Selain itu Kementerian Dalam Negeri juga memberikan imbauan kepada Kepala Desa dan Lurah se-Indonesia untuk memberikan informasi dan imbauan kepada Masyarakat mengenai pemasangan Logo dan Tema HUT RI ke-78 di wilayahnya masing-masing. 

Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2023 di rumah masing-masing. 

Kemudian pada tanggal 17 Agustus 2023 Pukul 10.17 hingga 10.20 WIB menghentikan kegiatan selama 3 menit, berdiri tegap saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan; dan diminta untuk mendengarkan sirine atau suara penanda lainnya sebelum lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Adapun tema HUT RI ke-78 ini yaitu Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: