Lampu PJU Solar Cell di Pesisir Barat Banyak Tidak Berfungsi

Lampu PJU Solar Cell di Pesisir Barat Banyak Tidak Berfungsi

Ilustrasi PJU Solar Cell--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell atau lampu tenaga surya, di beberapa titik ruas jalan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengalami kerusakan, sehingga tidak berfungsi, bahkan hingga kini kondisi lampu PJU solar cell itu belum diperbaiki oleh pihak terkait.

Seperti di sepanjang jalur dua Bandara M.Taufiq Kiemas, Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah, beberapa unit lampu PJU di lokasi itu rusak dan tidak berfungsi, bahkan sebagian peralatan lampu PJU seperti accu (penyimpan daya listrik) dan peralatan lainnya telah hilang, bahkan hingga kini belum diperbaiki oleh instansi atau pihak terkait.

BACA JUGA:DPMPTSP Lampung Barat Bagikan Bendera Merah Putih kepada Masyarakat

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesbar, Nurman Hakim, S.H.,  dikonfirmasi terkait kondisi lampu PJU solar cell di beberapa titik ruas jalan seperti di jalur dua Bandara M.Taufiq Kiemas yang hingga kini tidak berfungsi dan belum diperbaiki itu mengaku jika lampu PJU solar cell itu bukan kewenangan dari Dishub Kabupaten Pesbar.

“Khususnya untuk lampu PJU solar cell itu bukan kewenangan Pemkab Pesbar dalam hal ini Dishub, tapi itu kewenangan dari Pemprov Lampung, bahkan ada juga yang dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait,” katanya, Sabtu 29 Juli 2023.

BACA JUGA:Tingkatkan Pendapatan Pajak, Samsat Liwa Buka Pelayanan Samling

Dijelaskannya, pemasangan lampu PJU solar cell di Kabupaten Pesbar itu rata-rata merupakan kegiatan pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi. 

Sehingga, sampai kini belum ada pelimpahan mengenai aset lampu PJU solar cell, seperti yang ada di jalur dua Bandara itu. 

BACA JUGA:Seluruh Indonesia Wajib Tahu! Info Penting Bagi Pemilik Sepeda Listrik

Bahkan, Nurman mengakui jika kondisi lampu PJU solar cell di jalur dua Bandara itu sudah banyak yang rusak dan tidak berfungsi, bahkan banyak peralatannya yang hilang. 

Sementara itu, lampu PJU yang menjadi kewenangan Dishub Kabupaten Pesbar yakni PJU yang dipasang di beberapa titik tiang listrik PLN yang lampu penerangannya bersumber dari listrik PLN.

BACA JUGA:Bandar Narkoba Diduga Tewas Dianiaya Polisi, 7 Oknum Anggota Polda Metro Jaya Ditahan

“Itu merupakan kerjasama antara Pemkab Pesbar dengan pihak PLN. Untuk saat ini kita masih terus melakukan perawatan terkait dengan lampu PJU yang bersumber dari listrik PLN itu,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: