Monev APBP Tahap Pertama Selesai, Program Fisik-Non Fisik 10 Pekon di Balik Bukit Rampung

Monev APBP Tahap Pertama Selesai, Program Fisik-Non Fisik 10 Pekon di Balik Bukit Rampung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim verifikasi Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat telah menyelesaikan kegiatan Monitor dan Evaluasi (Monev) pada penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Tahap pertama Tahun Anggaran 2023 yang diawali dari Pekon Sedampah Indah dan diakhiri di Pekon Kubu Perahu, Kamis 13 Juli 2023.

Selama monev berlangsung, kegiatan dipimpin Camat Balik Bukit M Yones S.STP, M.H, didampingi Sekcam dan jajaran kepala seksi, pendamping Desa serta pendamping lokal desa.

BACA JUGA:Ranperda Pertanggungjawab Pelaksanaan APBD Tahun 2022 Kabupaten Lampung Barat Dievaluasi Gubernur

Dengan berakhirnya monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran yang meliputi dana desa (DD) dan alokasi dana pekon (ADP) itu, Camat Balik Bukit M Yones menyampaikan apresiasi atas selesainya kegiatan fisik maupun non fisik di 10 pekon. 

Selanjutnya, terkait pelaporan administrasi atau laporan pertanggungjawaban yang saat ini sedang dalam proses penyusunan diimbau untuk segera diselesaikan.

BACA JUGA:P3MD Lampung Barat Sosialisasikan Penguatan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Pekon

"Untuk seluruh kegiatan fisik sudah terlaksana dan selesai, sementara berkaitan dengan administrasi atau laporan pertanggungjawaban yang saat ini sedang dalam proses kami minta untuk segera diselesaikan agar usulan pencairan tahap kedua bisa segera diajukan,"kata Yones.

Secara teknis, lanjut Yones, monev yang menjadi agenda rutin dalam rangka pendampingan dan pengawasan pada pengelolaan dana desa itu tim melakukan pengecekan terhadap kelengkapan administrasi pekon terkait penyerapan dana desa 40% untuk reguler dan 60% untuk pekon yang berstatus mandiri.

BACA JUGA:Desa Margolestari dan Margomulyo Gelar Rembug Stunting

"Setelah mengecek kelengkapan administrasi kita turun melakukan kroscek fisik di lapangan untuk mensinkronkan antara laporan dengan realisasi di lapangan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga sejumlah pihak yang hadir baik kecamatan, PD dan PLD turut memberikan pembinaan kepada jajaran aparatur pekon agar aktif dalam melaksanakan tugas dengan baik sesuai tupoksi masing-masing sehingga roda pemerintahan pekon berjalan dengan baik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: