P3MD Lampung Barat Sosialisasikan Penguatan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Pekon

P3MD Lampung Barat Sosialisasikan Penguatan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Pekon

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Lampung Barat melaksanakan sosialisasi penguatan aparatur pemerintah pekon dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pekon yang digelar di Balai Pekon Lombok Selatan, Kecamatan Lumbokseminung.

Kegiatan di hadiri tenaga ahli kabupaten Ardian Oktora, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta perwakilan aparatur di empat pekon yakni Peratin Lombok Timur Gunadi, Peratin Lombokselatan Hendra serta sejumlah aparatur yang terdiri dari para kasi, kaur dan bendahara Pekon Sukamaju dan Pekon Sukabanjar.

Tenaga ahli kabupaten Ardian Oktora mengatakan, dalam sosialisasi itu, pihaknya menyampaikan beberapa poin penting dalam rangka penguatan aparatur pemerintah pekon dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pekok.

Dalam pokok materinya, pihaknya menerangkan terkait alur pembangunan reguler di pekon yang diawali dari perencanaan yang terdiri dari penyusunan RPJM berbasis SDGs dan penyusunan RKP. 

BACA JUGA:Desa Margolestari dan Margomulyo Gelar Rembug Stunting

"Selanjutnya terkait tahapan penyusunan dokumen penganggaran yaitu peraturan desa tentang APBP, tahapan pelaksanaan hingga pelaporan kegiatan pekon," ujarnya.

Kemudian, lanjut Ardian, pembahasan tentang mekanisme evaluasi dan pertanggungjawaban pekon yang selanjutnya diadakan diskusi interaktif terkait dengan penguatan tugas pokok dan fungsi aparatur pemerintah pekon.

"Sehingga aparatur pekon dapat memahami dan menjalankan tata kelola pemerintahan dan pembangunan dengan baik dan tentunya sesuai aturan yang berlaku," kata dia.

Ardian menambahkan  saat ini P3MD memang tengah gencar-gencarnya melaksanakan sosialisasi dalam upaya penguatan aparatur pemerintah pekon dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pekon ditengah bergulirnya alokasi dana desa setiap tahun.

BACA JUGA:Tak hanya Bersihkan Pantai, Polresta Bandar Lampung Juga Bersihkan Sampah di Aliran Sungai

"Karena kualitas belanja pekon menjadi faktor kunci keberhasilan pembangunan pekon, sehingga pemerintah melalui P3MD mempunyai program penguatan ini," jelasnya.

Sehingga selain mengingatkan pentingnya sosialisasi itu ia juga mengingatkan pentingnya aparatur pekon untuk memahami materi yang disampaikan karena ujung tombak kesuksesan pembangunan pekon dalam pelaksanaan UU Desa adalah Peratin, perangkat pekon serta masyarakat pekon itu sendiri. 

Sementara, Peratin Lombokselatan Hendra menyambut baik kegiatan itu serta menyampaikan apresiasi kepada tenaga ahli P3MD Kabupaten Lambar atas sosialisasi dan edukasi yang diberikan yang di ikuti oleh aparatur pekon dengan semangat dari awal hingga akhir kegiatan.

"Tentunya banyak masukan dan motivasi yang diberikan oleh P3MD Lambar untuk kami aparatur pekon dan akan menjadi acuan kita untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan pekon yang lebih baik lagi," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: