Disnakeswan Lampung Selatan Gelar Vaksinasi LSD di Kecamatan Jati Agung

Disnakeswan Lampung Selatan Gelar Vaksinasi LSD di Kecamatan Jati Agung

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lampung Selatan melalui UPT Puskeswan Jati Agung memberikan vaksinasi kepada  hewan sapi di Desa Margodadi Kecamatan Jati Agung, Kamis 6 Juli 2023.

Dimana pemberian vaksin ini sebagai upaya mengantisipasi merebaknya penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau kulit berbenjol pada sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Ir. Rini Ariasih, M.M., mengatakan vaksinasi ternak ini sebagai bagian dari langkah terjangkitnya virus LSD pada hewan ternak khususnya sapi.

Selain vaksinasi, pihaknya juga melakukan berbagai upaya pencegahan lainnya dengan memberikan sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat.

BACA JUGA:391 Jemaah Haji Lampung Barat Kloter 09 JKG Segera Tiba di Tanah Air

Menurutnya melalui sosialisasi diharapkan  masyarakat bisa mengetahui tentang apa yang harus dilakukan virus LSD ini bisa dihindari.

“Kami terus mensosialisasikan ke peternak sapi. Jika ada ternak mengarah pada gejala LSD, segera hubungi petugas veteriner terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, kepala UPT Puskeswan Jati Agung Sujatmiko, S.E., mengatakan, penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau kulit berbenjol pada sapi adalah penyakit yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus dari genus Capripox Virus yang menyerang sapi.

Penyakit ini menular melalui kontak langsung dengan alat, hewan/vektor, bahkan manusia bila telah terjangkit atau tercemar virus LSD.

BACA JUGA:Sudah Meninggal Tapi Masuk Data Penerima Bansos, Begini Penjelasan Dinsos Lampung Barat

Virus LSD juga dapat diturunkan melalui kandungan dan air susu. Sehingga indukan yang terinfeksi LSD dapat melahirkan anak dengan gejala LSD, dan menularkan LSD melalui air susunya.

Lebih lanjut Jatmiko menjelaskan hingga saat ini, masih belum ditemukan penyebaran virus LSD di Kecamatan Jati Agung.

Meski demikian, pemberian vaksin diharapkan bisa mencegah penularan virus yang satu ini.

Sementara hewan ternak yang terjangkit LSD bisa dilihat nyata dari bentuk fisiknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: