Azahra Putri Kinara PMR SMPN 1 Kebun Tebu Tampil di Parade Budaya Nusantara Jumbara PMR Nasional ke-IX

Azahra Putri Kinara PMR SMPN 1 Kebun Tebu Tampil di Parade Budaya Nusantara Jumbara PMR Nasional ke-IX

Azahra Putri Kinara siswi SMPN 1 Kebun Tebu tampil di Parade Budaya Nusantara Jumbara PMR Nasional--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rangkaian kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) ke-IX tingkat Nasional di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) di mulai Senin sore, 3 Juli 2023, diawali dengan kegiatan Parade Budaya Nusantara.

Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung mengusung Tema “Kemilau Lampung dalam Bingkai Kebhinekaan", untuk Pengantin Saibatin tampak Azahra Putri Kinara siswi SMPN 1 Kebun Tebu dari Kabupaten Lampung Barat berpasangan dengan Juandi Aula Putra dari SMP 1 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara Pengantin Pepadun dikenakan oleh M Fathul Azim dari MTsN 2 Pesawaran berpasangan dengan Fadiah Auliyan Toni dari SMP 1 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan

"Kontingen PMI Provinsi Lampung mengusung Tema ‘Kemilau Lampung dalam Bingkai Kebhinekaan’, terdiri dari pakaian adat Pepadun dan Saibatin yang menggambarkan 2 Etnik Lampung yang mendiami Sang Bumi Ruwai Jurai," ujar Arys Suharyanto, M.Si. selaku koordinator kontingen PMI Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Jalan Berlubang di Ruas Way Tenong - Air Hitam Akhirnya Ditutup Sirtu

Lebih lanjut Arys mengatakan bahwa pengantin Saibatin dan Pengantin Pepadun tersebut di kawal pasukan Tupping 12 yang merupakan pengawal pahlawan kebanggaan Provinsi Lampung yaitu Radin Intan 2 untuk melawan penjajah. 

"Kedua belas pasukan tupping khusus ini bertugas memantau pergerakan penjajah di sekitar Kalianda dan Gunung Rajabasa," pungkas Arys.

Dari Arena Jumbara PMR Tingkat Nasional Ke-IX, Meriyansah Staf PMI Lampung Barat menambahkan bahwa Kegiatan Parade Budaya Nusantara dengan Rute dimulai dari Lapangan Cipta Karya menuju lapangan Korpri komplek Pemda Lampung Selatan Kota Kalianda. 

Selanjutnya, seluruh kontingen akan dijamu Bupati Lampung Selatan pada acara Gala Dinner di Aula Sebuku, rumah dinas bupati pada pukul 19.30 WIB.

BACA JUGA:Sempat Bersandar di Perairan Pesisir Barat, Kapal Tongkang Muatan Kayu Kembali Berlayar

"Untuk Parade Budaya Nusantara, Alhamdulillah kita dari PMI Lampung Barat ada dipercaya untuk bersama mewakili Kontingen PMI Lampung dengan menampilkan Pakaian Adat Sai Batin yaitu anggota PMR Madya (SMP sederajat) Atas nama Azahra Putri Kinara dari SMPN 1 Kebun Tebu," kata Meriyansah. 

"Ini tentu suatu kebanggaan seperti pesan Ketua PMI Lampung Barat bapak Edi Novial agar Peserta Jumbara PMR dari Lampung Barat bisa membawa nama baik dan mengharumkan PMI Lampung Barat dan Provinsi Lampung," sambungnya.

Jumbara akan diikuti kurang lebih 4.000 peserta. Mereka adalah anggota PMR Nasional dan Internasional, Para Relawan, staf dan pengurus PMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: