Ketua PMI Lampung Barat Edi Novial Lepas Peserta Jumbara Nasional PMR ke IX

Ketua PMI Lampung Barat Edi Novial Lepas Peserta Jumbara Nasional PMR ke IX

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom secara resmi melepas Peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional Ke-IX Tahun 2023.

Pelepasan dilaksanakan Jumat 30 Juni 2023 di kediaman pribadi Ketua PMI Lampung Barat di Pekon Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu.

Pada pertemuan itu, Edi Novial berharap peserta Jumbara PMR dari Lampung Barat bisa membawa nama baik dan mengharumkan PMI Lampung Barat dan Provinsi Lampung.

"Jumbara akan diikuti kurang lebih 4.000 peserta. Mereka adalah anggota PMR Nasional dan Internasional, para relawan, staf dan pengurus PMI, untuk itu Jaga Nama Baik Lampung Barat dan Provinsi Lampung," ungkap Edi Novial.

BACA JUGA:Siswa Baru di SMAN 1 Pesisir Tengah Wajib Ikuti MPLS

Menurut Edi Novial, Jumbara (Jumpa, Bakti & Gembira) merupakan ajang bertemunya perwakilan anggota Palang Merah Remaja (PMR) PMI di seluruh Indonesia untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

"Anak-anak yang terpilih sebagai Duta PMR Lampung Barat yang mewakili PMR dan PMI Lampung Barat harus percaya diri, disiplin, terutama terkait waktu dan tunjukan bahwa Lampung Barat mampu bersaing dan berkompetisi dengan daerah lain," tegas Edi Novial. 

Sementara dalam sambutan dari Perwakilan Kepala Sekolah yaitu Nazarudin, S.Pd. Kepala SMPN 1 Kebun Tebu berpesan agar peserta PMR Lampung Barat dapat menjaga almamater, jaga nama organisasi, jaga nama kabupaten dan jaga etika dan tingkah laku.

Pada kesempatan pelepasan tersebut salah satu staf PMI Lampung Barat Meriyansyah menambahkan bahwa Jumbara dilaksanakan di tingkatan PMI Nasional sebanyak satu kali dalam lima tahun. 

BACA JUGA:APK Bacaleg Mulai Ramai, Bawaslu Pesisir Barat Kembali Ingatkan Peserta Pemilu

Di tingkat Provinsi sebanyak satu kali dalam empat tahun, dan tingkat Kabupaten/Kota sebanyak satu kali dalam dua tahun.

"Event Jumbara PMR-PMI IX-2023 Tingkat Nasional penyelenggaraannya bertempat di Lampung. Peserta merupakan perwakilan dari 34 PMI Provinsi, terdiri dari Anggota PMR (Mula, Madya, Wira), Pembina PMR, Pelatih PMI dan atau Fasilitator PMR, Staf PMI yang membidangi Pembinaan PMR, Pengurus PMI yang membidangi Pembinaan PMR, Unit PMR, Anggota Youth International, Koordinator Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) dan masyarakat," pungkas Meriyansyah.

Pada event tingkat Nasional tersebut, lanjut dia, PMI Lampung Barat mengirimkan 2 orang peserta putra dan putri tingkat PMR Madya (SMP sederajat) Atas nama Azahra Putri Kinara (SMPN 1 Kebun Tebu) dan Regki Suhendra (SMPN 2 Kebun Tebu).

Jumbara Nasional merupakan program rutin lima tahunan dari PMI Pusat. Jumbara Nasional ke IX akan digelar di Provinsi Lampung tepatnya di Taman Agro Wisata Way Handak, Jalan Lintas Sumatera, Tanjung Senang, Kedaton, Kabupaten Lampung Selatan, pada tanggal 2 hingga 10 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: