Siapkan Rp149 Miliar Lebih Untuk KUR di Pesisir Barat, Segini Besaran Suku Bunganya

Siapkan Rp149 Miliar Lebih Untuk KUR di Pesisir Barat, Segini Besaran Suku Bunganya

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Suku bunga untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank penyalur tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) masih sebesar 3-9%, sesuai dengan besaran pinjaman dan jangka waktu pinjaman debitur dalam hal ini pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kabag Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah (Setdakab) Pesbar, Ariswandi, S.Sos, M.P., mengatakan, di Kabupaten Pesbar pada tahun 2023 jumlah bank penyalur KUR masih tetap sama dengan tahun lalu yakni lima bank penyalur dengan target penyaluran sebesar Rp149.474.081.447,-.

Sedangkan untuk pinjaman KUR terhadap debitur terutama pelaku UMKM memang suku bunganya cukup rendah masih tetap 3-9%.

“Baik untuk KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR PMI/KUR TKI, dan KUR Khusus,” katanya, Rabu 7 Juni 2023.

BACA JUGA:Viral Video Mesum Pengunjung Wisata TNBBS Kubu Perahu, Begini Tanggapan Ka Resort

Karena, lanjutnya, untuk suku bunga selain dari jumlah pinjaman dan jangka waktu pinjaman, juga disesuaikan dengan debitur, misal debitur yang baru menerima KUR tentu suku bunganya akan lebih rendah dibandingkan debitur yang sudah empat kali menerima KUR. 

Meski begitu, terkait dengan suku bunga untuk pinjaman KUR yang merupakan program pemerintah tersebut tentu sudah sangat rendah.

“Untuk itu kita berharap kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Pesbar ini agar benar-benar memanfaatkan KUR tersebut untuk membantu mengembangkan dan memajukan usahanya,” ujarnya.

Sementara itu, kata dia, mengenai realisasi KUR terhitung hingga Maret tahun 2023 ini dari target untuk lima bank penyalur antara lain BRI Cabang Liwa, BRI Pasar Minggu, BRI Unit Krui, BNI KCP Krui, dan BPD Lampung Krui itu baru terealisasi Rp9.565.000.000,- atau 6,40% dengan jumlah 186 debitur. 

BACA JUGA:Front Rakyat Lampung Barat Dukung LPPL Radio Swara Praja Ditutup Total

Sehingga, yang belum terealisasi tersebut masih sebesar Rp139.909.081.447,-. 

Tentu masih cukup banyak pinjaman KUR yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha.

“Mudah-mudahan kedepan jumlah debitur untuk pinjaman KUR tersebut bisa terus bertambah hingga akhir 2023 mendatang, bahkan diharapkan realisasinya bisa mencapai target karena untuk jumlah pinjaman KUR itu mulai dari Rp10-500 juta,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: