Seluruh LHP Kecamatan Pagar Dewa Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas SDM

Seluruh LHP Kecamatan Pagar Dewa Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas SDM

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pihak Kantor Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar pembinaan agenda peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Lembaga Himpun Pekon (LHP), Rabu (31/5). 

Usai berikan pembekalan, Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Ip, M.Si., saat di konfirmasi mengatakan sosialisasi peningkatan kapasitas LHP merupakan bagian dari program kerja kantor kecamatan, dalam rangka memberikan pemahaman terhadap Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) aparatur pemerintahan Pekon baik itu perangkat pekon maupun LHP.

Pihaknya menyebutkan dengan nanti selesainya pembinaan tupoksi peningkatan kapasitas LHP ini maka program pembinaan yang digencarkan sejak 2022 yang terlebih dahulu diberikan kepada perangkat pekon telah selesai. 

Dijelaskan Mat Patoni, peningkatan kapasitas SDM Aparatur pekon dan LHP memang perlu dilakukan yang bertujuan agar masing-masing petugas betul-betul memahami tentang tupoksi yang dilaksanakannya. 

BACA JUGA:Jeruk Nipis Terbukti Klinis Bagi Kesehatan Tubuh

Artinya jika sudah mengetahui peran masing-masing. Namun masih terjadi kesalahan maka SDM petugas terkait masih perlu diberikan pembinaan lanjutan. 

Dan untuk mengetahui tingkat tersebut proses berikutnya adalah evaluasi kerja yang akan dilakukan per tiga bulan.

Pihaknya juga mengatakan melalui proses itu, apa yang menjadi kendala di pekon lebih mudah di ketahui untuk di berikan perbaikan.

"Tujuan pembinaan peningkatan kapasitas SDM ini sebagai wadah agar tidak sampai terjadi seorang aparatur pekon tidak mengerti tupoksi yang harus dilaksanakannya dan berdampak terganggunya roda pemerintahan pekon," tegas Mat Patoni. 

BACA JUGA:Berikut Do'a Walimatussafar Arti Sampai Hukumnya

Ditambahkan Sekcam Yoga Sugama, S.T, M.T., dalam sosialisasi peningkatan kapasitas SDM tersebut akan diikuti oleh seluruh anggota LHP terhimpun dari sepuluh pekon tersebar di Kecamatan Pagar Dewa. 

Dirinya juga menyampaikan agar aparatur berperan serta aktif dalam proses pembangunan dan pengawasan di tingkat pekon sebagai peran LHP. 

"Sesuai dengan judulnya peningkatan kapasitas SDM LHP bertujuan memberikan wawasan lebih kepada jajaran yang menjadi mitra kerja pemerintah Pekon tersebut, sebagaimana amanat Permendagri nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD atau LHP)," tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: