Berikut Do'a Walimatussafar Arti Sampai Hukumnya

Berikut Do'a Walimatussafar Arti Sampai Hukumnya

Ilustrasi-tangkapan layar-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kini jamaah calon haji asal Indonesia mulai melakukan perjalanan suci ke kota Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. 

Dalam menjelang keberangkatan, umumnya para jamaah melaksanakan kegiatan walimatussafar haji.

Dalam kegiatan tersebut, jemaah haji akan membaca do'a agar diberikan keselamatan saat pergi, pulang, dan berada di tanah suci. Selain itu, dengan dilakukan walimatus safar diharapkan jamaah haji mendapat haji mabrur.

Lalu, apa doa walimatus safar yang sering dipanjatkan oleh jemaah haji? Dan apa hukumnya melaksanakan walimatus safar dalam islam? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

BACA JUGA:Diiming-imingi Uang, Oknum ASN Kemenkes Cabuli Anak di Bawah Umur

Apa itu Yang dimaksud dengan Walimatussafar

Mengutip buku Ensiklopedia Fiqih Haji dan Umrah oleh Gus Arifin, walimatus safar haji merupakan asal kata dari walimah atau bentuk jamaknya walaim. 

Lalu, kata awlam sendiri memiliki arti berpesta, mengadakan kenduri, atau jamuan.

Awalnya, kegiatan ini tidak ditemukan dan tidak dikenalkan dalam ajaran Islam. Walimatus safar baru muncul di tahun 1970-an, bahkan kegiatan tersebut lebih dikenal sebagai selamatan atau syukuran bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji.

Pada umumnya, jemaah haji yang mengadakan walimatus safar akan mengundang saudara, sahabat, hingga tetangga terdekat. 

Selain membaca doa yang dipimpin oleh ustaz, nantinya para tamu undangan juga diberikan makanan dan minuman sebagai wujud terima kasih karena telah mengikuti walimatus safar.

BACA JUGA:Ini Do'a Agar Anak Cerdas dan Menjadi Pintar

Ini Doa Walimatus Safar 

Dalam walimatus safar haji, umumnya jemaah haji akan membaca sejumlah ayat suci Al-Quran, membaca sholawat, dan doa. Dilansir situs NU, simak bacaan doa walimatus safar lengkap dengan Arab, latin, dan artinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: