Sukapura Jadi Lokasi Praktik Kebidanan Komunitas PPK Universitas Malahayati

Sukapura Jadi Lokasi Praktik Kebidanan Komunitas PPK Universitas Malahayati

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pekon Sukapura, dan Puskesmas Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat dalam melaksanakan studi pendidikan Praktik Kebidanan Komunitas, Program Profesi Kebidanan (PPK) Universitas Malahayati Lampung.

Kegiatan praktik kebidanan tersebut dilaksanakan selama 22 hari dari 10 Mei sampai dengan 2 Juni.

Kepala Puskesmas Sumber Jaya Mediansah, S.K., M.Kes menerangkan peserta dalam praktik kebidanan di puskesmas tersebut sebanyak tujuh orang, dimana keseluruhannya memang sudah berprofesi sebagai bidang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) bahkan diantaranya memang sudah familiar di masyarakat dengan status kepala puskesmas di lambar.

Dijelaskannya, kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas adalah upaya yang dilakukan untuk pemecahan terhadap masalah kesehatan ibu dan balita dengan melibatkan keluarga sebagai mitra perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kebidanan, serta menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dalam keluarga di masyarakat.

BACA JUGA:Delapan Ekor Sapi di Pesbar Diindikasikan Terinfeksi LSD

Tujuan umum pelayanan kebidanan komunitas, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kesehatan perempuan atau ibu, bayi, balita diwilayah kerjanya.

Dan sasaran Pelayanan kebidanan berfokus pada upaya pencegahan, promosi kesehatan, pada masa sebelum hamil, masa hamil, masa persalinan, masa nifas, masa menyusui dan masa antara dua kehamilan, bayi baru lahir, bayi, anak balita, dan anak pra sekolah, pelayanan kesehatan reproduksi perempuan, serta pelayanan keluarga berencana. 

Pada kesempatan itu Mediasah sangat menyanjung studi pendidikan yang dilakukan para bidan dalam mempertebal ilmu pengetahuan sesuai dengan profesi yang dimiliki. 

"Tentunya program profesi kebidanan para rekan-rekan berjalan sesuai dengan proses hingga lulus di Universitas Malahayati dan Kabupaten Lambar memiliki para tenaga kesehatan yang semakin berkualitas dan kuantitas. Demi Lambar yang sehat," urainya.

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Coret 673 Pemilih

Sementara Peratin Sukapura Setiawati menyampaikan terimakasih pekon yang dipimpinnya jadi lokasi praktik studi pendidikan Praktik Kebidanan Komunitas, Program Profesi Kebidanan (PPK) Universitas Malahayati Lampung.

Pihaknya berharap atas kehadiran para tenaga bidan yang telah berpengalaman memberikan ilmu bagi warga pekon itu khususnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: