Jumlah Pendaki Saat Dilanda Cuaca Buruk Capai 90 Orang, Tidak Ada Tambahan Korban

Jumlah Pendaki Saat Dilanda Cuaca Buruk Capai 90 Orang, Tidak Ada Tambahan Korban

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan data terbaru yang di sampaikan tim BPBD Lampung Barat, bersama unsur TNI- Polri dan Pokdarwis bahwa total pendakian Gunung Seminung pada malam nahas yang terjadi pada Sabtu malam (29/4/2023) totalnya mencapai 90 orang.

Dari data yang diterima 73 orang pendaki naik dari jalur Pekon Teba Pering Raya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lambar. Sementara 17 pendaki lainnya naik dari jalur air panas, Pekon Kota Batu, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan.

Kendati begitu untuk korban luka-luka dipastikan tidak bertambah, dimana tercatat satu korban meninggal dunia, tujuh orang luka Berat, dua luka ringan dan  tiga orang mengalami Hipotermia. Sedangkan 77 pendaki lainnya tidak mengalami luka.

BACA JUGA:Update Data, Total Pendaki 73 Orang, Korban Sambaran Petir Ditangani di Puskesmas

Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Priyo Utomo melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa mengatakan, saat ini para pendaki telah di evakuasi dan beberapa orang yang mengalami luka telah mendapat penanganan di UPT Puskesmas Sukau.

"Yang luka- luka sudah mendapat penanganan di Puskesmas. Sementara untuk korban meninggal dunia saat ini sedang dalam perjalanan yang dibawa menggunakan tandu darurat yang selanjutnya juga akan dibawa ke puskesmas," kata Mekal.

Diketahui berdasarkan informasi yang dihimpun, dari total 90 pendaki itu dilaporkan bahwa satu orang meninggal dunia atas nama Abdal Reka Anggara (18) Warga Desa Terean, Kecamatan Mekakau ilir, Banding Kabupaten Oku Selatan yang naik ke puncak melalui pos 2 atau Wilayah Kota Batu.

BACA JUGA:Total Pendaki Capai 58 Orang, Satu Meninggal Dunia, 9 Luka-Luka dan Tiga Alami Hipotermia

Kemudian sembilan pendaki yang mengalami luka-luka adalah

1. Retno Leli Sapitri (20) warga Sidomoro, Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus

2. Aji saputra (24) warga Desa Gunung Besar Kecamatan Abung tengah, Kotabumi, Lampung Utara. 

BACA JUGA:Tiba di Puncak Gunung Seminung, Tim SAR Utamakan Evakuasi Pendaki yang Meninggal Dunia

3. Deka Hastuti Ningrum (25) Warga Desa Teras tanjungan, Kecamatan Katibung Kabupaten Lamsel.

4. Muhammad Ismanto (16) warga Desa Sudimoro Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: