Komunitas Pendaki dan Pecinta Alam akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Pesagi

Komunitas Pendaki dan Pecinta Alam akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Pesagi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun 2023.  

Komunitas pendaki dan pecinta alam akan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di gunung pesagi yang merupakan puncak tertinggi di Provinsi Lampung pada 17 Agustus 2023.

Selain itu, dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Terus Melaju Menjaga Atap Negeri Ku’ itu para pendaki akan melaksanakan kegiatan sosial yakni membersihkan sampah-sampah di sepanjang jalur pendakian. 

Kegiatan peduli pesagi itu dimotori oleh dua komunitas yaitu Gabungan Pendaki dan Penjelajah (GAPPELA) Lampung Barat dan Komunitas Ramah Alam dan Lingkungan (KORAL) yang didukung oleh pemerintah Pekon Hujung, Kecamatan Belalau. 

BACA JUGA:APBD Lampung Barat Terserap Rp465,454 Miliar

Kegiatan pendakian dimulai pada Rabu (16/8/2023), Puluhan tim pendaki itu dilepas oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Lambar Padang Priyo Utomo dan dihadiri Camat Belalau Mat Suhyar, Peratin Hujung Ismet Liza bertempat di Pondok Pesantren Hatimi Aldiniyah IV di Pekon Hujung, Kecamatan Belalau.

Sebelum memulai pendakian, kegiatan diawali dengan penanaman sejumlah bibit pohon di halaman Ponpes Hatimi Aldiniyah IV.  

Setelah itu proses pendakian pun dimulai untuk menuju puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.262 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) tersebut.

Atas nama pemerintah daerah, Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo saat melepas puluhan tim itu menyampaikan apresiasinya dengan kembali digelarnya kegiatan peduli pesagi oleh komunitas pendaki dan pecinta alam tersebut. 

BACA JUGA:Mengatasi Bau Badan dengan Cara Alami: Tips Ampuh Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Menurutnya, ini menjadi salah wujud kepedulian lingkungan sekaligus upaya menjaga kelestarian alam.

“Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan apresiasi dan terimakasih. Pendakian ini tentu bukan hanya dibutuhkan kekuatan fisik, tetapi juga dibutuhkan semangat dan tekad untuk menaklukkan rintangan untuk menggapai puncak tertinggi. Untuk seluruh rekan-rekan pendaki dan pecinta alam teruslah menjadi pelopor dalam melestarikan alam dan semoga ini dapat memotivasi kita semua agar selalu menjaga keindahan dan kekayaan alam yang ada,” ucapnya.

Sementara, Peratin Hujung Ismet Liza mengatakan pihaknya memberikan support atau dukungan penuh atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk yang kelimanya kalinya, dan atas nama pemerintah pekon kami tentunya terus memberikan dukungan penuh, mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan positif untuk mengisi hari kemerdekaan dengan melakukan aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kekayaan alam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: