Penyusunan RKPD Tahun 2024, Pemkab Pesbar Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

Penyusunan RKPD Tahun 2024, Pemkab Pesbar Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Badan Perencanaan, Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun anggaran 2024, yang dipusatkan di Lamban Apung, kawasan wisata pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (11/3/2023).

Kegiatan itu dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, didampingi Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Ketua DPRD Kabupaten Pesbar Agus Cik, Sekda Kabupaten Pesbar Ir. Jalaludin, M.P., Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pesbar Drs. Zukri Amin, M.P., selain itu juga dihadiri para anggota DPRD Pesbar, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar, Camat serta pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:DP3AKB Pesbar Tetap Lakukan Pendampingan Kasus Pelajar Melahirkan di Gardu

Bupati Pesbar dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, dengan segala keterbatasan yang ada, pihaknya berharap kepada semua pihak untuk dapat menyatukan persepsi, pikiran, tekad dan semangat untuk bersama-sama merencanakan arah pembangunan Kabupaten Pesbar tahun 2024 mendatang yang dapat bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Lampung hingga nantinya menjadi pedoman bagi Pemerintah Pekon.

“RKPD tahun 2024 ini merupakan tahun ketiga dari pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026,” katanya.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Bagikan SPPT PBB-P2 Tahun 2023

Dijelaskannya, pada tahun mendatang tentunya tantangan pembangunan terus berkembang mengikuti dinamika ekonomi, politik, sosial dan juga isu-isu strategis nasional dan regional. 

Sesuai dengan tema untuk 2024 adalah pemulihan ekonomi, meningkatkan sumber daya manusia serta pembangunan infrastruktur daerah, dengan lima prioritas antara lain meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

Kemudian, pembangunan infrastruktur daerah yang berkelanjutan.

BACA JUGA:BOS Reguler Rp14,126 Miliar di Lambar Cair

“Lalu, peningkatan kualitas ekonomi masyarakat, reformasi birokrasi dan pelayanan publik berkualitas, serta harmonisasi kehidupan sosial dan budaya masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, pada forum ini pihaknya meminta dukungan yang seluas-luasnya dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat memprioritaskan pendanaan dan pembangunan di Kabupaten Pesbar melalui APBD Provinsi Lampung. 

BACA JUGA:Tiga Hektar Tanaman Pakan Gajah Ditanam di TNBBS

Selain itu juga bantuan fasilitasi dalam proses mendapatkan dana alokasi khusus fisik serta tugas pembantuan yang berlokasi di Kabupaten Pesbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: