Sukses, Pekon Kagungan Menjadi Puncak Penilaian Kegiatan EPP Tahun 2023

Sukses, Pekon Kagungan Menjadi Puncak Penilaian Kegiatan EPP Tahun 2023

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pekon kagungan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat menjadi objek terakhir pada kegiatan puncak penilaian evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2023.

Seperti sebelumnya, puncak penilaian EPP itu dihadiri ketua tim penilai EPP sekaligus Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Desmon Irawan, S.T, Ketua TP- PKK Lambar Zelda Nukman, kepala DPMP Drs Syaekudin serta perwakilan sejumlah perangkat daerah terkait.

Kedatangan rombongan disambut oleh Camat Lumbok Seminung Erwin Ardiansya, beserta unsur pimpinan kecamatan (Uspika), seluruh Peratin, LHP, pendamping desa, satuan pendidikan serta sejumlah tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Suami Kembali Terciduk, 'Semoga Saya Bisa Lewati Ujian Ini'

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim penilai Desmon Irawan mewakili kepala DPMP Drs Syaekudin menerangkan bahwa evaluasi perkembangan pekon yang dilaksanakan merupakan agenda tahunan yang digelar secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten dan tingkat provinsi hingga puncaknya tingkat nasional.

“Sehingga, dengan diselenggarakannya kegiatan EPP pekon setiap ini kita berharap kegiatan itu bukan sekadar rutinitas, akan tetapi merupakan tolak ukur aparatur pemerintahan pekon dan masyarakat untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan di pekon masing-masing serta menggali potensi-potensi sumber daya yang ada di pekon dengan dilakukannya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat pekon,” ungkapnya.

Adapun, terusnya ada sejumlah indikator  pada EPP tahun 2021, yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan.

BACA JUGA:Buka Orientasi, Amirullah: TPK Jadi Salah Satu Ujung Tombak Percepatan Penurunan Stunting

Dimana, evaluasi meliputi bidang pemerintah pekon yang terdiri dari aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat,  pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.  

“Selanjutnya, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat," imbuh dia. 

Selanjutnya, Peratin Kagungan Ali Rahman menyampaikan atas nama masyarakat dan pemerintah pekon mengucapkan terimakasih atas partisipasi, dukungan dan pendampingan dari seluruh elemen masyarakat guna menyambut dan mensukseskan kegiatan tahunan pemkab lambar tersebut. 

BACA JUGA:80 Personel Ansor-Banser Lambar Diturunkan dalam Penanganan Pasca Bencana Pagardewa

“Terimakasih atas dipercayakannya Pekon Kagungan untuk mewakili Kecamatan Lumbok Seminung dalam ajang EPP tahun ini dan selanjutnya kami siap menerima apapun hasil penilaian karena yang terpenting semua sudah berusaha maksimal  dan segala kekurangan tentunya akan menjadi evaluasi untuk lebih kami tingkatkan lagi,” imbuhnya.

Terpisah, Camat Lumbok Seminung Erwin Ardiansya berharap melalui penilaian ini menjadi motivasi untuk seluruh lapisan masyarakat dan jajaran aparatur pekon dalam hal meningkatkan kelengkapan administrasi, mengangkat potensi pekon, serta meningkatkan kualitas indikator lainnya yang menjadi objek penilaian.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: