Pekon Pampangan Raih Juara I EPP Tingkat Kabupaten Lampung Barat

Pekon Pampangan Raih Juara I EPP Tingkat Kabupaten Lampung Barat

Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon DPMP Lambar Desmon Irawan--

LAMBAR, MERIALAMPUNG.CO.ID Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat berhasil meraih juara I evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 dan berhak mewakili kabupaten setempat untuk mengikuti EPP tingkat Provinsi Lampung.

Ketua Tim Penilai EPP Tingkat Kabupaten sekaligus Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Desmon Irawan, S.T mengungkapkan, sesuai dengan surat keputusan (SK) Pj Bupati Lampung Barat Nomor 207/KPTS/III.12/2024 tentang Pemenang Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2024, yaitu juara I diraih Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau dengan skor nilai 554, juara II Pekon Simpang Sari Kecamatan Sumberjaya dengan skor nilai 514 dan juara III Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong dengan skor nilai 496.

Untuk pemenang EPP juara I, II dan III mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan serta trophy.

“Pekon Pampangan berhak mewakili Kabupaten Lampung Barat untuk mengikuti EPP tingkat Provinsi Lampung tahun 2024,” tegas Desmon, Sabtu 4 Mei 2024.

BACA JUGA:Pencarian Korban Hanyut di Suoh Lampung Barat Libatkan Basarnas, BPBD Hingga TNI-Polri

Masih kata Desmon, adapun indikator EPP berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.  

Kemudian, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi.

Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat.  

Untuk pelaksanaan penilaian EPP tingkat provinsi tahun 2024, lanjut Desmon, sejauh ini pihaknya masih menunggu jadwal dari Pemerintah Provinsi.

BACA JUGA:Puluhan Hektar Tanaman Cengkeh di Lampung Barat Rusak

“Untuk penilaian EPP tingkat provinsi kita masih menunggu jadwal dari Pemprov,” ujar dia

Seraya menambahkan, dalam rangka persiapan menjelang penilaian EPP tingkat provinsi tersebut, Tim Penilai EPP tingkat kabupaten akan turun kelapangan mulai Senin-Rabu 6-8 Mei 2024 untuk melakukan pembinaan di Pekon Pampangan.

“Kita akan turun kelapangan untuk melakukan pembinaan baik dari segi aspek pemerintahan, PKK, pelayanan, dokumen dan lainnya,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: