Buka Orientasi, Amirullah: TPK Jadi Salah Satu Ujung Tombak Percepatan Penurunan Stunting

Buka Orientasi, Amirullah: TPK Jadi Salah Satu Ujung Tombak Percepatan Penurunan Stunting

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim Pendamping Keluarga (TPK) menjadi salah satu aktor penting untuk menurunkan angka stunting di kabupaten Lampung Barat, karena itu keberadaannya harus didukung dan dikuatkan agar maksimal dalam memberikan pendampingan keluarga. 

Hal demikian disampaikan Kasi PMP Kecamatan Batu Ketulis Amirullah, S.H, mewakili Camat Batu Ketulis Sri Handayani S.H, saat membuka kegiatan orientasi TPK di Kecamatan Batu Ketulis bertempat di balai Pekon Bakhu, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan itu dihadiri Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lambar Eva Sudiana, Kabid KB-KS pada Dinas P2KBP3A Lambar Heli Puspitawati dan pengurus TP PKK Lambar, Puskesmas Batu Ketulis, Bidan desa serta jajaran aparat pekon Bakhu.

BACA JUGA:80 Personel Ansor-Banser Lambar Diturunkan dalam Penanganan Pasca Bencana Pagardewa

Membuka kegiatan itu, Kasi PMP Kecamatan Batu Ketulis Amirullah menerangkan bahwa Tim Pendamping Keluarga memiliki tugas melakukan penyuluhan, memfasilitasi pelayanan serta melakukan surveilans kepada sasaran keluarga berisiko stunting.

Karena itu, TPK perlu didukung dan dikuatkan dalam hal pendampingan keluarga. Mereka sebagai ujung tombak dalam upaya percepatan penurunan stunting perlu diberdayakan, diberikan support serta dukungan sarana prasarana dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

"Dan kegiatan orientasi ini menjadi salah satu upaya penguatan kelembagaan TPK sebagai salah satu aktor dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting khususnya di kecamatan Batu Ketulis," ujarnya.

BACA JUGA:TEKAB 308 Polres Lampura Ringkus Tersangka Jambret

Namun, selain adanya TPK, pihaknya berharap seluruh elemen dapat membantu dan membangun komitmen bersama untuk mengentaskan stunting  mulai dari tingkat pekon, kecamatan dan kabupaten

"Masalah stunting ini sudah menjadi masalah nasional sehingga perlu komitmen yang kuat untuk bersama-sama menanggulanginya," harapnya.

BACA JUGA:Polsek TKB Tangkap Pelaku Penganiayaan Agil

Selanjutnya, Ketua IBI Lambar Eva Sudiana menyampaikan bahwa peran dari TPK juga akan dibantu oleh pihak lain, selain pemerintah juga didukung oleh tim penggerak PKK, Puskesmas, Bidan desa, kader Posyandu, Pemerintah Pekon. 

Di kesempatan itu ia menyampaikan pentingnya pemenuhan gizi anak-anak dan ibu hamil sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

"Kita berharap momentum orientasi tim Pendamping Keluarga ini dapat menumbuhkan semangat Tim untuk meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan pendampingan keluarga dan melayani keluarga berisiko stunting," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: