Camat Pagardewa Apresiasi Progja KKN Unila di Pekon Sukajaya

Camat Pagardewa Apresiasi Progja KKN Unila di Pekon Sukajaya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penyuluhan pengolahan kopi organik dan teh daun kopi menjadi salah satu Program Kerja (progja) unggulan mahasiswa Kerja Kuliah Nyata (KKN) Unila di Pekon Sukajaya, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Yusrizal mewakili rekan-rekannya menegaskan, banyak progja yang dilaksanakan dan disambut baik masyarakat seperti pembagian bibit kangkung dan pakcoy. 

Kemudian menggerakkan pelajaran di luar sekolah tentang lingkungan, menghidupkan kembali ekskul Pramuka serta bekerjasama dengan pihak puskesmas dalam kegiatan pemenuhan gizi ibu hamil dan balita.

BACA JUGA:Cegah Kecurangan, Diskoperindag Lambar Lakukan Tera Ulang SPBU

Dijelaskannya dalam penyuluhan pengolahan kopi organik dan daun teh kopi, diterapkan sesuai dengan warga yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani kopi.

"Dalam penyuluhan kopi organik dan teh daun kopi. Kami juga mengedukasikan mulai dari tata cara, pembibitan, penanaman pembibitan sampai Dan dalam pengolahan kopi menjadi tiga jenis diantaranya kopi harum, wine dan green bean organik," imbuhnya 

Sementara ditambahkan Ananta Abimanyu di bidang pendidikan, sejalan dengan komitmen Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi. 

BACA JUGA:Momen Musrenbang, Disbunnak Lambar Buka Pelayanan Keswan Gratis

"Tujuannya selain memperkaya pengetahuan siwa juga upaya meningkatkan akreditasi lewat Pramuka," terangnya. 

Dia juga mengatakan bersama para rekan KKN sangat terkesan selama KKN. Banyak pelajaran yang diambil justru lebih banyak belajar dari warga contoh tentang kehidupan, budaya yang tinggi.

Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Sos, M.Si. mengapresiasi terkait progja para KKN seperti di bidang pendidikan, di sebut oleh sang camat merupakan salah satu wujud dukungan terhadap komitmen Pemkab Lambar tentang Kabupaten Literasi. 

BACA JUGA:Pekon Serungkuk Jadi Duta Kecamatan Belalau Pada EPP 2023, Ini Pesan Camat

Kemudian terkait sosialisasi penyuluhan kopi dan penekanan angka stunting sebagai aplikasi dalam rangka mendorong program ketahanan pangan penurunan angka stunting yang digaung-gaungkan oleh pemerintah. 

"Saya mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN Unila  di sepuluh pekon di Kecamatan Pagardewa yang yang program ya banyak mendukung program Pemkab Lambar dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: