Pengisian BBM Subsidi dengan QR Code di Pesbar Kerap Terkendala

Pengisian BBM Subsidi dengan QR Code di Pesbar Kerap Terkendala

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penerapan Quick Response (QR) Code dalam pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi terutama untuk kendaraan roda empat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terkendala, salah satunya terkendala sinyal jaringan internet yang kerap mengalami gangguan.

Pengawas SPBU Bangun Negara, Kecamatan Pesisir Selatan, Arif Sentosa, mengatakan, untuk pengisian BBM subsidi di SPBU setempat sudah menggunakan QR Code

BACA JUGA:Ibu-Ibu di Tanjung Raya Belajar Buat Sabun Cair

Sehingga, jika pemilik kendaraan sudah mendaftarkan di My Pertamina, maka pengemudi yang akan mengisi BBM subsidi di SPBU harus menunjukan QR Code untuk selanjutnya barcode itu akan di scan oleh petugas SPBU.

“Setelah QR Code itu di scan, maka itu secara otomatis akan terinput dan pengemudi kendaraan terutama roda empat itu baru bisa mengisi BBM subsidi, baik Pertalite maupun Solar,” katanya, Selasa (31/1).

BACA JUGA:7.678 Warga Lambar Belum Rekam e-KTP

Dijelaskannya, dalam penerapan QR Code itu belum maksimal, karena di wilayah itu kondisi jaringan internet masih sering mengalami gangguan.

Terlebih jika listrik padam sangat berdampak pada kondisi jaringan internet yang hilang. Sehingga menjadi kendala dalam penginputan. 

BACA JUGA:Puluhan Pekon Belum Sampaikan Ikhtisar Laporan Realisasi APBPekon 2022

Karena itu, jika terjadi kendala terhadap jaringan internet, dari SPBU setempat melakukan penginputan data kendaraan yang mengisi BBM subsidi itu dengan terlebih dahulu mencatat nomor plat kendaraan, serta mendokumentasikan kendaraan tersebut.

“Sedangkan, untuk pengisian BBM subsidi terhadap kendaraan roda dua sementara ini tidak menggunakan QR Code. Untuk penerapan itu khusus untuk kendaraan roda empat,” jelasnya.

BACA JUGA:Rawan Curanmor, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat Tingkatkan Keamanan

Ditambahkannya, hingga kini masih banyak pengendara baik yang ada di Pesbar dan di luar daerah yang datang ke SPBU setempat untuk melakukan pendaftaran My Pertamina. 

Karena untuk pendaftarannya bisa dilakukan di seluruh SPBU se-Indonesia. Setelah pengendara atau pemilik kendaraan mendaftar di My Pertamina, maka baru akan memiliki QR Code untuk pengisian BBM subsidi pada jenis kendaraan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: