Disporapar Lambar Dorong Pekon Kelola Potensi Wisata dengan Maksimal

Disporapar Lambar Dorong Pekon Kelola Potensi Wisata dengan Maksimal

Kepala Disporapar Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selain memiliki sepuluh destinasi wisata unggulan, Kabupaten Lampung Barat juga memiliki banyak potensi wisata lainnya yang tersebar di 131 Pekon dan lima kelurahan di kabupaten setempat.

Sayangnya, pengelolaan potensi wisata yang beberapa tahun lalu sempat menggeliat kini dalam kondisi yang kembali terabaikan.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Drs. Dahlin, M.Pd., mengungkapkan, pihaknya terus mendorong Pekon bisa mengelola potensi wisata dengan maksimal, yang diharapkan kedepan potensi wisata yang ada bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan akan mendukung kemajuan Pekon itu sendiri.

"Memang ada sepuluh destinasi wisata yang kita unggulkan, namun sebenarnya potensi wisata itu sangat banyak, yang tersebar hampir di seluruh Pekon dan kelurahan, hanya saja memang potensi wisata tersebut belum terkelola dengan baik," ungkapnya.

BACA JUGA:Aksi Dukun Cabul, Dalih Buka Aura Malah Pasien Digagahi

Kenyamanan para pengunjung destinasi wisata, kata dia, tidak terlepas dari sarana dan prasarana pendukung yang memadai.

Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian bersama khususnya pemerintah Pekon, terlebih hampir seluruh destinasi wisata sebenarnya telah dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) namun pengelolaannya yang masih belum maksimal.

"Kedepannya kami mendorong pemerintah Pekon bersama Pokdarwis bisa memunculkan inovasi-inovasi, sehingga destinasi wisata yang dikelola bisa terus berkembang dan nyaman dikunjungi wisatawan, sangat disayangkan potensi yang ada dibiarkan terbengkalai, padahal jika dikelola maksimal tentu ini akan mendukung terwujudnya Pekon mandiri, mengingat potensi wisata yang ada bisa menjadi sumber pendapatan dari Pekon," kata dia.

BACA JUGA:Adi Utama Resmi Jabat Pj Sekkab Lampung Barat

Dalam pengelolaan destinasi wisata yang ada, lanjut Dahlin, itu tidak serta merta menjadi tanggung jawab dari Disporapar saja, melainkan semua pemangku kepentingan harus bersama-sama untuk menggali dan mengelola potensi wisata yang ada.

"Jika nantinya Pekon mampu mengelola potensi wisata yang ada di daerahnya, tentunya kami juga akan secara maksimal untuk mempromosikan, bahkan bisa sebagai destinasi wisata terintegrasi dengan destinasi wisata lainnya," pungkas Dahlin.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: