Bentuk Pokdarwis, Tanjungsetia Akan Kembangkan Wisata Alam

Bentuk Pokdarwis, Tanjungsetia Akan Kembangkan Wisata Alam

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Tanjungsetia Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), berencana akan mengembangkan lokasi wisata alam yang ada di Pekon setempat, salah satunya wisata air terjun yang berada di kawasan hutan wilayah Pemangku IV Talang Meranjat.

Peratin Tanjungsetia, Iswandi mengaku, pada Selasa (7/2) kemarin, Dinas Pariwisata (Dispar) setempat bersama perwakilan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pesbar, perwakilan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), aparat Pekon setempat serta pihak terkait lainnya, meninjau lokasi air terjun yang berjarak tempuh sekitar 10 kilometer itu.

BACA JUGA:Wabup Pesbar Hadiri Expo Mahasiswa KKN

“Peninjauan, sekaligus kunjungan ke wisata air terjun itu untuk memastikan lagi harapan dari pemerintah Pekon setempat agar lokasi wisata itu bisa segera dibangun,” katanya, Rabu (8/2).

Sehingga, kata Iswandi, kedepan Pemkab setempat benar-benar dapat mendorong dan mendukung pengembangan kawasan wisata alam yang ada di Pekon tersebut. 

BACA JUGA:Infrastruktur Dominasi Usulan di Musrenbang Sekincau dan Waytenong

Sebab, jika kawasan wisata air terjun itu dikelola dan dikembangkan dengan maksimal, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Terutama para turis dari berbagai negara belahan dunia, apalagi ketika di perairan Pesbar ini kondisi ombak lautnya sedang tidak bagus untuk bermain surfing, maka turis atau wisatawan mancanegara itu bisa berwisata ke air terjun itu,” imbuhnya.

BACA JUGA:Pemkab Lambar akan Tangani Puluhan Jaringan Irigasi

Dijelaskannya, sebagai bentuk keseriusan, Pemerintah Pekon Tanjungsetia telah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang bekerjasama dengan kelompok tani, meskipun Pokdarwis itu belum dikukuhkan, karena pengukuhan Pokdarwis itu akan dilakukan oleh Dispar setempat. Dirinya berharap Pokdarwis di Pekon dapat segera dikukuhkan.

“Tapi, kita tetap minta agar semua pihak untuk mendukung pengembangan wisata di Pesisir Selatan ini, salah satunya dalam pengembangan wisata air terjun yang cukup berpotensi untuk dikembangkan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: