Umat Hindu di Pesisir Barat Rayakan Galungan di Pura Banjar

Umat Hindu di Pesisir Barat Rayakan Galungan di Pura Banjar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Umat Hindu di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) merayakan Galungan secara khidmat dengan menggelar persembahyangan yang dipusatkan di Pura Banjar, Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (4/1/2023).

Ketua PHDI Kabupaten Pesbar, I Gusti Kadek Artawan, mengatakan, dalam perayaan Galungan bagi umat Hindu di Kabupaten Pesbar yang dilaksanakan setiap tahunnya seperti di tahun 2023 yang dipusatkan di Pura Banjar dengan melaksanakan ritual persembahyangan ini berjalan lancar dan khidmat.

“Perayaan Galungan ini diperaingati setiap 210 hari sekali, itu berdasarkan perhitungan kalender Bali atau penanggalan Pawukon, yang sudah ada sejak dahulu,” katanya.

BACA JUGA:Soal Dugaan Kerugian Negara, Inspektorat Sebut Masih Rp169 Juta Belum Selesai

Karena itu, kata dia, Hari Raya Galungan memiliki makna memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan). Artinya, kemenangan manusia melawan hawa nafsu didalam diri sendiri. 

Untuk itu, dalam perayaan Galungan tersebut pihaknya berharap semoga kita semua memperoleh anugerah dari Tuhan berupa kesehatan, terhindar dari wabah penyakit maupun bencana.

“Selain itu, mendapat anugerah hidup berkecukupan dan damai dalam hubungan hidup antar sesama manusia, terutama kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pesbar ini khususnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Diduga Rugikan Negara, Warga Tanjung Jati Laporkan Mantan Peratin

Ditambahkannya, pihaknya juga mengajak umat Hindu yang ada di Kabupaten Pesbar ini khususnya memaknai Hari Raya Galungan dengan meningkatkan ketakwaan dan sembah bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) agar senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam kehidupan sehari hari.

“Serta terus melakukan kebaikan-kebaikan di dalam kehidupan sehari hari, sehingga memberikan manfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat luas. Untuk puncak kegiatan persembahyangan hari Raya Galungan di Pura Banjar ini juga dimulai saat sore hari,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: