KP SPAM Jaya Mandiri Pekon Trimulyo Rakor Pemaksimalan Fungsi Pamsimas

KP SPAM Jaya Mandiri Pekon Trimulyo Rakor Pemaksimalan Fungsi  Pamsimas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mengisi kegiatan di penghujung tahun, Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KP SPAM) Jaya Mandiri, Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan pihak pemerintah pekon di pimpin Peratin Buchori, S.P., di balai pekon setempat, Selasa (27/12).

Dalam rakor tersebut pembahasan utamanya, untuk menyepakati aturan pelanggan baru, sebagai tindak lanjut terkait perluasan jaringan SPAM di pekon itu yang tahun ini kembali memperoleh bantuan perluasan jaringan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Dikemukakan Buchori, 2020 Pekon Trimulyo mendapatkan program SPAM Pamsimas, dengan jumlah pelanggan awal 75 rumah tangga, di Pemangku Talangpanjang kemudian 2021 secara swadaya jaringan diberikan perluasan hingga wilayah Tangkit dan jumlah pelanggan menjadi 123 rumah tangga. 

Dan tahun ini kembali mendapatkan program pamsimas untuk perluasan hingga tembus Pemangku Airdadapan yang jaraknya lebih kurang empat kilo dengan penambahan 87 pelanggan baru. 

BACA JUGA:Cegah Kasus DBD Meluas, Pekon Penengahan Lakukan Fogging

"Dalam rapat ini kita juga membahas adanya perpindahan jalur untuk lebih memaksimalkan penerimaan SPAM di masyarakat," katanya.

Di mana kata Bukhari dalam penentuan kriteria pelanggan baru untuk biaya penyambungan awal diterapkan Rp900 ribu termasuk water meter. Dan beban wajib Rp500, sedangkan biaya bayar Rp300.- per meter kubik air.

"SPAM ini di kelola KP Cahaya Mandiri, dimana laba bersih dimasukkan sebagai Pendapatan Asli Pekon (PAP)," ungkapnya.

Terkait terus meluasnya jaringan SPAM Cahaya Mandiri, Buchori berharap dalam pemeliharaannya tetap menjaga kelestarian air, serta masyarakat pemanfaat jaringan air bersih itu terus meluas bahkan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat untuk saling menguntungkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: