BPBD Pesisir Barat Pastikan Kebutuhan Air Bersih Masih Aman

BPBD Pesisir Barat Pastikan Kebutuhan Air Bersih Masih Aman

Ilustrasi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga masih aman meski dalam kondisi musim kemarau.

Kepala BPBD Pesbar, Mirza Sahri mengaku pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat terkait ada wilayah yang kekurangan air bersih akibat musim kemarau yang masih berlangsung hingga kini.

BACA JUGA:Berikut Simulasi Tabel Angsuran KUR Bank Mandiri dan Syarat Pengajuannya

“Sampai saat ini kita belum menerima laporan ada daerah yang kekurangan air bersih, sebagian besar masyarakat di Kabupaten Pesbar memanfaatkan air sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari dan sampai sekarang masih aman,” kata dia.

Dijelaskannya, meski sudah memasuki puncak musim kemarau di Kabupaten Pesisir Barat tidak ada daerah yang kekurangan air bersih. Masyarakat masih dapat memanfaatkan sumber air seperti sumur, sungai dan air sarana penyedia air minum (SPAM) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Desa Kelawi Bakauheni Raih Juara 2 Desa Wisata Maju dan Rekor Muri

“Kami terus memantau potensi kurangnya air bersih akibat kemarau panjang yang diperkirakan akan memasuki puncak pada Agustus sampai September tersebut. Mudah-mudahan persediaan air bersih kita aman tidak ada daerah yang kekeringan,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini sejumlah aliran sungai debit airnya mulai mengecil akibat musim kemarau, jika kondisi ini terus berlanjut dan akhirnya masyarakat kekurangan air bersih maka pihaknya akan mengambil langkah-langkah strategis untuk menanggulanginya.

BACA JUGA:Sempat Diamankan, Delapan Pemuda Dikembalikan ke Orang Tuanya

“Jika masyarakat mulai kekurangan air bersih tentu kita akan melakukan sejumlah upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, sedangkan untuk saat ini masih terpantau aman,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk mencegah terjadinya kekeringan dan berkurangnya air bersih, pihaknya minta masyarakat agar lebih bijak dan tidak berlebihan dalam menggunakan air bersih.

BACA JUGA:Hore!! Akhirnya CPPPK dan CPNS Pesisir Barat Terima SK Pengangkatan

“Mengingat sekarang masih musim kemarau, untuk mencegah kurangnya ketersediaan air bersih, kami minta agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan air  bersih,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: