Cegah Kasus DBD Meluas, Pekon Penengahan Lakukan Fogging

Cegah Kasus DBD Meluas, Pekon Penengahan Lakukan Fogging

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Penengahan, Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan fogging atau pengasapan pada lingkungan rumah warga untuk mencegah meluasnya penularan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di pekon setempat.

Peratin Penengahan Miftah Farid, mengatakan dalam melaksanakan fogging itu pihaknya menggunakan alat pinjaman dengan menggunakan obat insektisida dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesbar. 

Sementara itu, hingga kini belum ada upaya yang dilakukan pihak Puskesmas Karyapenggawa.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Puskesmas bahkan kita sudah minta agar dilakukan pengasapan. Tapi, dengan alasan alat fogging rusak jadi kita lakukan secara swadaya,” kata dia.

BACA JUGA:Agus Istiqlal Resmikan Gedung Komplek Perkantoran Pemkab Pesbar

Dijelaskannya, pelaksanaan fogging itu sudah dilakukan sejak dua hari terakhir dengan menyasar seluruh lingkungan rumah warga, dengan waktu-waktu sesuai dengan arahan yang disampaikan Dinkes Pesbar.

“Pengasapan itu kita lakukan dua kali dalam sehari yakni pagi hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, tahap dua kita laksanakan pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB, hal itu dilakukan karena nyamuk penular DBD keluar saat jam-jam tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, kini sudah ada lima warga di pekon setempat yang terkena DBD, dari lima orang tersebut empat orang sudah sembuh dan satu orang masih menjalani perawatan di Puskesmas.

“Untuk mencegah merebaknya kasus DBD di tengah masyarakat itu, kami melakukan berbagai upaya mulai dari gotong-royong membersihkan lingkungan rumah hingga melakukan pengasapan,” terangnya.

BACA JUGA:Pastikan Kondisi Prima, Dokkes Polres Lambar Cek Kesehatan Personil Pos Pam di Tanjung Setia

Pihaknya berharap, dengan adanya berbagai upaya itu tidak ada lagi warga di Pekon Penengahan yang terjangkit DBD dan semuanya dalam kondisi sehat.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi warga yang terjangkit DBD, kita juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan upaya untuk mencegah nyamuk penular DBD berkembang biak,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: