Tahun Ini, Jumlah Warga Lambar Bekerja Keluar Negeri Meningkat

Tahun Ini, Jumlah Warga Lambar Bekerja Keluar Negeri Meningkat

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Tahun ini jumlah masyarakat di Kabupaten Lambar yang bekerja keluar negeri mengalami peningkatan dibanding tahun 2021 lalu. Hal itu dibuktikan dengan adanya 36 orang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Tahun ini jumlah warga Lampung Barat yang bekerja keluar negeri mengalami peningkatan. Sampai bulan Oktober ini, kita telah mengeluarkan rekomendasi untuk 36 orang yang bekerja keluar negeri,” ungkap Kabid Sumberdaya Alam dan Tenaga Kerja Setdakab Lambar Sri Wiyatmi, Jumat (4/11).

Dikatakannya, adapun tujuan negara yang menjadi tujuan mereka bekerja, antara lain negara Singapure, negara Malaysia, negara Taiwan dan Hongkong. 

“Yang bekerja keluar negeri itu bukan hanya perempuan tapi juga ada laki-laki. Alasan mereka bekerja keluar negeri selain faktor ekonomi juga untuk mencari pengalaman kerja,” ujar dia. 

BACA JUGA:DAK Non Fisik di Lambar Terealisasi Rp94,741 Miliar

Sebelum memberikan rekomendasi, kata dia, pihaknya lebih dahulu meminta keterangan dari PMI tersebut serta PMI diminta melengkapi persyaratan seperti fotocopy kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan lainnya.

“Bagi yang berminat bekerja keluar negeri, sebaiknya benar-benar dipikirkan secara matang karena jangan sampai bekerja keluar negeri nanti bermasalah,” kata dia  

Sekadar diketahui, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja No.3/5527/PK.02.02/XII/2021 tentang perubahan kedelapan atas keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja No.3/20888/PK.02.02/VIII/2020 tentang penetapan negara tujuan penempatan tertentu bagi pekerja migran Indonesia pada masa adaptasi kebiasaan baru, ada 59 negara yang menjadi tujuan penempatan PMI. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: