Wagub Nunik Hadiri Deklarasi dan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Lampung Timur

Wagub Nunik Hadiri Deklarasi dan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Lampung Timur

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, S.H, M.Si, M.Kn, Ph.D., (Nunik) menghadiri acara deklarasi dan sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) tahun 2022 di Islamic Center Kabupaten Lampung Timur, Rabu (28/9). 

Acara ini dihadiri Bupati Lampung Timur Dawam Rajarjo, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur.

Pada kesempatan itu, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Wagub Nunik mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Juga menyampaikan selamat kepada segenap pelaku pendidikan, khususnya kepala sekolah, dewan guru dan siswa serta seluruh orangtua dan masyarakat sehingga berhasil mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak. 

Menurutnya, pendidikan adalah aset terbesar yang berperan dalam membangun negara yang tinggi peradabannya. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Tebar 1 Juta Benih Ikan di Sungai Tulangbawang

"Dengan pendidikanlah SDM yang mengisi pembangunan negara ini mampu menjaga persatuan dan kesatuan, keutuhan dan kelestarian lingkungan hidupnya, dan pendidikan merupakan pilar penting bagi peradaban bangsa," ujar Nunik

Saat ini, lanjutnya, dunia sedang dihadapkan dengan krisis karakter yang ditandai adanya kenakalan remaja, tawuran, vandalisme, dan anarkisme.

Selain itu, hal yang sangat memprihatinkan adalah para remaja yang sudah terkontaminasi narkoba, intoleransi, diskriminatif, bullying, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, Nunik menjelaskan bahwa pendidikan harus diarahkan untuk menumbuhkan perilaku positif dan akhlak mulia melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang berbasis pada kearifan lokal dan nasionalisme, sehingga diharapkan mampu memberikan jawaban dan solusi terhadap krisis karakter yang terjadi saat ini. 

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Ganti Warna Plat Kendaraan, Ini Ketentuannya

Nunik berharap semua sekolah di Lampung Timur dapat dijadikan Sekolah Ramah Anak. 

Acara ini mengusung tema "Stop Kekerasan terhadap Anak, Anak Senang, Guru Tenang, Orang Tua Nyaman".

Nunik menyampaikan bahwa bidang pendidikan dewasa ini merupakan bidang paling penting dalam pembangunan masa depan. 

"Karena semua menyadari bahwa dalam dunia pendidikan, anak-anak ditempa, dibentuk, dan dapat dimaksimalkan pengetahuan, serta potensi dalam diri anak tersebut untuk disiapkan sebagai penyelamat bangsa di masa depan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: