Pemilihan LHP 4 Pekon di Batuketulis akan Terapkan Pemilihan Langsung

Pemilihan LHP 4 Pekon di Batuketulis akan Terapkan Pemilihan Langsung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Empat pekon yakni Pekon Kubuliku Jaya, Wayngison, Sumberrejo dan Atarkuwau di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat akan menerapkan sistem pemilihan langsung pada pemilihan anggota lembaga himpun pemekonan (LHP).

Hal demikian disampaikan berdasarkan hasil rapat sosialisasi yang digelar pemerintah kecamatan setempat di balai Pekon Kubuliku Jaya, Selasa 9 Agustus 2022. 

Sekcam Batuketulis Nusirwan S.Pd, mendampingi Camat Batuketulis Sri Handayani menjelaskan, seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan kepengurusan anggota LHP di empat tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi  Perihal Pemberitahuan Masa Jabatan Anggota LHP yang tertuang dalam Surat Bupati Lampung Barat No.141/455 /I.013/2022. 

“Jadi sosialisasi ini untuk membahas terjadi administrasi hingga teknis dan tata cara pemilihan anggota LHP dan dari hasil sosialisasi tadi untuk empat pekon di Kecamatan Batuketulis yang masa jabatannya LHP-nya habis sepakat akan menerapkan pemilihan langsung dan saat ini sudah memasuki tahap penjaringan calon,” ucap Nusirwan.  

BACA JUGA:Implementasi Kabupaten Literasi, Peratin Tribudisyukur Kembangkan Rumah Belajar Warga

Dijelaskannya, sesuai aturan pemilihan LHP dapat dilaksanakan dengan dua metode yaitu pemilihan langsung atau pemungutan suara serta sistem keterwakilan dari masing-masing pemangku. 

Namun, untuk menjalan sistem demokrasi sekaligus untuk memenuhi aspirasi masyarakat maka empat pekon memilih untuk metode pemungutan suara.

“Jadi pemilihan langsung ini dalam rangka menjalankan sistem demokrasi dan masyarakat juga bisa memilih secara langsung LHP sesuai keinginan mereka dan harapan kita nanti semuanya bisa menyalurkan hak pilih,” ujarnya.

Lebih lanjut Nusirwan menjelaskan bahwa tahapan penjaringan calon LHP ini disambut antusias oleh masyarakat, hal itu terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar di beberapa pekon.

BACA JUGA:Kwarcab Lambar akan Gelar Pramuka Bersepeda 2022

“Masyarakat nampaknya antusias, bahkan informasi terakhir yang kami terima dari satu pemangku sudah ada lima orang mencalonkan diri, jika jumlah ini sama maka bisa-bisa satu pekon 15 calon lebih,” kata dia.

Kendati demikian pihaknya berharap seluruh tahapan pemilihan berjalan sukses dan lancar dan berharap melalui pemilihan secara demokratis ini dapat melahirkan para wakil rakyat ditingkatkan pekon tersebut sesuai dengan harapan masyarakat sehingga mampu bekerja serta mampu mengatasi berbagai permasalahan di tengah masyarakat.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: