Kwarcab Lambar akan Gelar Pramuka Bersepeda 2022

Kwarcab Lambar akan Gelar Pramuka Bersepeda 2022

Ketua Kwarcab Lambar, Drs. Nukman MS, M.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID –  Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Barat akan menggelar Pramuka Bersepeda 2022 pada Kamis 11 Agustus mendatang.

Ketua Kwarcab Lambar Drs. Nukman, M.M mengungkapkan, maksud  digelarnya kegiatan Pramuka Bersepeda 2022 yaitu sebagai sarana edukatif bagi peserta didik, tenaga pendidik dan orang tua untuk menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan, teman dan masyarakat sekitar, menegaskan Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi, Konservasi dan Tangguh Bencana.    

Kemudian,  mengenalkan jalur-jalur sepeda alternatif yang relatif ramah anak di Kota Liwa, mempromosikan Kota Liwa sebagai kota wisata dan berbudaya, sebagai sarana menanamkan ketaatan dan disiplin berlalu lintas kepada anak didik serta sebagai kegiatan olahraga, kerjasama tim dan kekompakan bagi peserta didik, tenaga pendidik dan masyarakat umum. 

“Tujuan kegiatan Pramuka Bersepeda 2022 adalah dalam rangka HUT RI Ke-77 dan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022,” ungkap Nukman, Selasa 9 Agustus 2022. 

BACA JUGA:Dinsos Lambar Siapkan Randis untuk Operasional Pendamping BPNT

Menurut dia, rute kegiatan Pramuka Bersepeda 2022, yaitu star dari Lapangan Pemda Liwa Rute Sepeda Jalur dua Pemda - Kantor KB dan PP - Jl. Sumbai Lima -Gg. Menako – Jl. Raden Intan – Gg. Samping Uan Cell – Gg. Garpu – Jl. Kehidupan – Jl. Gajah Mada Seranggas – SMA 2 Liwa – Pertigaan Indomaret Seranggas – Tugu Liwa – Hamtebiu – Jl. R Intan – Gerbang Pemda – Lapangan Pemda (Finis). 

“Peserta kegiatan Pramuka Bersepeda 2022 yaitu Peserta didik Pramuka, Tenaga Pendidik, Orang Tua/Wali,  masyarakat umum dan komunitas sepeda,” ujar dia.

Masih kata Nukman, untuk persyaratan lomba (Khusus untuk peserta Penggalang SD dan SMP) yaitu peserta lomba adalah penggalang SD dan penggalang SMP dalam bentuk tim yang terdiri dari peserta didik, pembina dan orang tua/wali peserta didik.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Luncurkan KPB Award Desember 2022

Selain itu,  setiap peserta wajib mengecek kondisi sepeda masing-masing seperti rantai dan gir sepeda, rem, kondisi ban dan lain lain,  jumlah peserta tidak dibatasi, serta  masing-masing tim membawa dua bibit tanaman buah-buahan, setiap sepeda membawa bendera merah putih (ukuran disesuaikan) lengkap dengan tiang yang dibuat seperti gagang pancing yang terbuat dari bambu yang diikat ke bagian kanan belakang sepeda.

Persyaratan lainnya yaitu setiap peserta membawa bekal makanan dan minuman, setiap peserta mengumpulkan sampah yang ditemukan selama diperjalanan, setiap peserta wajib memperhatikan keselamatan masing-masing dimulai dari perjalanan menuju tempat lomba sampai kembali ke rumah, peserta didik dan pembina menggunakan pakaian pramuka, orang tua/wali menggunakan pakaian kaos dan trening, peserta wajib hadir sesuai jadwal dan urutan peserta akan diatur oleh panitia. 

 

“Kriteria lomba (Khusus untuk peserta penggalang SD dan SMP) kriteria penilaian pramuka bersepeda adalah jumlah peserta (40%), dan kerjasama, kekompakan dan kerapihan (20%), serta kepatuhan dan etika berlalulintas (20%) dan peran serta orang tua/wali (20%),” pungkas dia seraya menambahkan, untuk kegiatan Pramuka Bersepeda 2022 ini, pihaknya menyiapkan hadiah berupa trophy dan doorprize. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: