Melalui Klaster Usaha Ternak, Pemprov Berharap Dukung Ketahanan Panganan-Pemberdayaan Ekonomi

Melalui Klaster Usaha Ternak, Pemprov Berharap Dukung Ketahanan Panganan-Pemberdayaan Ekonomi

Medialampung.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lampung mulai menggali potensi peternakan di daerah dengan pembentukan klaster usaha peternakan.

"Jadi kita akan mengembangkan klaster usaha peternakan bekerja sama dengan Bank BRI untuk permodalan melibatkan kredit usaha rakyat (KUR)," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lili Marwati saat dimintai keterangan, Selasa (21/9).

Ia mengatakan pengembangan klaster ayam petelur tersebut akan dilaksanakan di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu.

Lanjutnya, dengan adanya pembentukan klaster usaha ternak diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan klaster.

"Untuk pilot project klaster peternak akan dimulai di Gadingrejo untuk peternak ayam petelur, di sana usaha ternak ayam petelur sudah banyak sebab minimal pembentukan klaster ada 15-20 kelompok usaha," jelasnya.

Kemudian di Gadingrejo pun para peternak ayam petelur telah membentuk koperasi, sehingga klasterisasi lebih mudah terbentuk.

"Mereka sudah terbentuk Koperasi PPN Lampung Berjaya jadi akan lebih mudah terbentuk klaster, yang pasti saat ini kami rencanakan dengan matang agar dapat terbentuk," tambahnya.

Ia juga mengatakan untuk saat ini masih dalam proses perencanaan dan ditargetkan mulai berjalan di tahun ini.

"Kita rencanakan dalam waktu dekat yang pasti tahun ini. Kita akan bentuk Pokja, kemudian bersama Dinas Kabupaten Pringsewu dan Bank BRI dengan tujuan kita punya visi dan misi bersama untuk mengembangkan ayam petelur," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: