Pj Gubernur Samsudin Buka Temu Bisnis Produk Perkebunan dan Saksikan Pelantikan DRKI Lampung

Pj Gubernur Samsudin Buka Temu Bisnis Produk Perkebunan dan Saksikan Pelantikan DRKI Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID -Pj Gubernur Lampung Samsudin menghadiri Acara Temu Bisnis Produk Perkebunan dan Pelantikan Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) Wilayah Lampung untuk periode 2024-2029 di Ballroom Hotel Swissbell, Bandar Lampung, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Samsudin menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemasaran dan kemitraan dalam sektor perkebunan, terutama untuk kakao, kopi, dan rempah-rempah. Dia menyatakan, 

"Business Matching mempertemukan visi dan tujuan bersama dalam mewujudkan pertumbuhan sektor perkebunan di Provinsi Lampung," kata Samsudin. 

Menurutnya, ini merupakan momentum bagi industri dan perdagangan di Provinsi Lampung untuk memperluas cakupan pasar, meningkatkan daya saing produk, dan menciptakan nilai tambah yang signifikan dari produsen perkebunan. 

BACA JUGA:Anggarkan Rp3,1 Miliar DAK, Pemprov Lampung Bakal Bangun Puluhan Unit Toilet Siswa

Sehingga output dari kegiatan ini yaitu dihasilkannya penandatanganan kesepahaman atau perjanjian Kerjasama antara pelaku usaha dengan trader.

Samsudin menjelaskan bahwa peran dan kontribusi sub sektor perkebunan menunjukan hasil yang positif dalam mendukung pembangunan, khususnya pembangunan sektor pertanian, baik berperan langsung terhadap pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan masyarakat, pengentasan kemiskinan, perolehan devisa negara melalui kegiatan ekspor hasil perkebunan dan menjaga kelangsungan program ketahanan pangan nasional.

Berdasarkan data BPS Tahun 2023, perekonomian Provinsi Lampung masih didominasi oleh lapangan usaha sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dengan konstribusi terhadap Produk Dosmetik Regional Bruto (PDRB) sebesar: 27,29 %, untuk sub sektor perkebunan pada tahun 2023 menyumbang PDRB sebesar 6,39 %. 

Dalam Acara Temu Bisnis Produk Perkebunan di Provinsi Lampung, juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) Wilayah Lampung masa bakti 2024-2029, yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perkumpulan Dewan Rempah Kejayaan Indonesia Nuning S Barua.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin dan Kapolda Helmy Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Hasil Sitaan

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 07/DRKI-SK/VI-2024.

Atas pelantikan tersebut, Pj. Gubernur Samsudin mengucapkan selamat kepada Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia Wilayah Lampung yang telah dilantik. 

“Saya mewakili masyarakat Provinsi Lampung mengharapkan kerjasama dan peran serta DRKI untuk lebih mengoptimalkan agribisnis rempah di Provinsi Lampung,” ujarnya.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan selama ini oleh Dewan Kejayaan, bisa menghasilkan sebuah hasil yang maksimal dan betul-betul mengembalikan kejayaan perkebunan di Provinsi Lampung,” harap Pj. Gubernur Samsudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: