Menelusuri Manfaat Tersembunyi Daun Jambu Biji

Menelusuri Manfaat Tersembunyi Daun Jambu Biji

--

MEDIALAMPUNG CO.ID - Siapa sangka, di balik kesegaran buah jambu biji, daunnya pun menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan?

Daun jambu biji yang sering dianggap remeh ternyata kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, zat besi, dan antioksidan.

Untuk bisa mengkonsumsi daun jambu itu sendiri bisa direbus yaitu dengan cara dicuci lalu direbus dan minum selagi hangat 

Atau melalui dibuat teh dengan cara dikeringkan lalu dibuat jus atau dikonsumsi langsung 

BACA JUGA:Soroti Peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Wartawan Lintas Lampung Raih Juara III Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Berkat kandungan tersebut, daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun jambu biji berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit dengan merangsang produksi sel darah putih.

2. Menstabilkan Gula Darah

BACA JUGA:Resep Herbal Untuk Mengobati Asma Ala dr Zainul Akbar

Daun jambu biji memiliki sifat antidiabetik yang membantu mengontrol kadar gula darah. Senyawa jambosine dalam daun jambu biji dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu penyerapan gula darah oleh sel-sel tubuh.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada daun jambu biji membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sifat antibakteri daun jambu biji juga membantu melawan bakteri penyebab diare.

4. Melawan Radikal Bebas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: