Kementan Alokasikan Bantuan Pupuk Kepada Poktan di Lambar

Kementan Alokasikan Bantuan Pupuk Kepada Poktan di Lambar

Medialampung.co.id - Kabupaten Lambar tahun ini akan menerima bantuan bibit tanaman kopi unggul sebanyak 100.000 batang untuk lahan seluas 100 hektar dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan).

Selain bantuan bibit, Kementan juga akan mengalokasikan bantuan pupuk organik sebanyak 60 ton dan pupuk NPK 32 ton.

“Untuk pupuk NPK dan Pupuk Organik telah didistribusikan kepada lima kelompok tani. Sementara untuk bibit dalam Polibag akan didistribusikan pada Oktober mendatang,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P., M.Si., mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Ir. Nata Djudin Amran, Selasa (21/9).

Dijelaskannya, program peremajaan tanaman kopi untuk lahan seluas 100 Ha tersebut akan dialokasikan kepada lima kelompok tani (Poktan), yaitu Poktan Rukun Makmur, Poktan Campur Sari, Poktan Mulyo Joyo dan Poktan Enggal Makmur Kecamatan Gedungsurian, sedangkan Poktan Budi Arta Kecamatan Airhitam. 

“Kelima Poktan penerima bantuan merupakan Poktan Aspirasi Ketua Komisi IV DPR RI bapak Sudin melalui Anggota DPRD Lambar Sri Wijayanti DPRD Lambar, serta telah teregistrasi dalam Simluhtan (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian),” tegasnya.

Lanjut dia, untuk benih kopi dalam Polibagnya kemungkinan akan didistribusikan kepada Poktan berkisar minggu ketiga Oktober mendatang.

“Semua proses pengadaan dilakukan di Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian karena sumber pembiayaan adalah APBN murni,” imbuhnya

Menurut Sumarlin, program peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi, karena sampai saat ini masih ada lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamanya sudah tua.

“Dengan adanya kegiatan peremajaan, kita berharap produksi kopi robusta terus mengalami peningkatan sehingga pendapatan petani juga meningkat,” harapnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: