Kembangkan Pariwisata Lokal, OPD Bangun Kolaborasi

Kembangkan Pariwisata Lokal, OPD Bangun Kolaborasi

Medialamlpung.co.id, BALIKBUKIT - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Lampung Barat, menggelar Fokus Group Doscussion (FGD) dalam rangka membangun kolaborasi dan sinergitas untuk pengembangan wisata lokal di kabupaten setempat, bertempat di Aula BPKD Lambar Kamis (25/7).

FGD yang difasilitasi oleg Dirjen Lembaga Penelitian dan Pengembbgan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut, menghadirkan nara sumber Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak), Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan.

Kepala Balitbang Lambar Tri Umaryani, S.P, M.Si., mengatakan, dalam FGD tersebut masing-masing OPD menyampaikan materi antara lain Disporapar terkait dengan pengembangan wisata lokal, Disbunnak terkait dengan kopi sebagai daya tarik wisata, Kominfo terkait pemasaran digital, Dinas PMD terkait manfaat dana desa untuk pengembangan pariwisata, selanjutnya Diskop UKM Perindustrian dan Perdagangan terkait dengan dukungan UKM dalam pengembangan pariwisata.

"Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial dalam pengembangan perekonomian daerah, karena itu harus dibangun kolaborasi dan sinergitas, dan alhamdulillah dalam FGD tersebut terlihat dukungannya luar biasa dari seluruh OPD yang terlibat," kata diam.

Menurutnya, seluruh OPD mendukung, seperti Disporapar bagaiamana mereka akan mendukung dengan program mereka, kemudian Disbun bagaimana kedepan Lambar sebagai penghasil kopi, maka kopi disajikan di destinasi wisata harus kopi yang premium dan Disbun siap meberikan pendampingan, jadi kedepan tidak boleh di destinasi wisata menyajikan kopi asalan.

"Bentuk dukungan Dinas PMD yakni berkaitan dengan dana desa, dimana kedepan tidak hanya untuk membangun fisik saja, namun akan menggerakkan perekonomian melalui pengelolaan wisata pekon. Selanjutnya Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan mendorong pendampingan UkM bagaimana menghasilkan souvenir dan hasil UKM yang bisa dijual kepada wisatawan.

"Jadi dukungan dari seluruh OPD luar biasa, karena itu kedepan diharapkan wisata lokal akan terus berkembang dan Lambar menjadi tujuan wisata andalan," kata dia.

Lebih lanjut dikatakan Tri Umaryani, kedepan pihaknya juga akan membuat forum giat pariwisata, untuk memotret permasalahan untuk kemudian diberikan solusi dan lainya.

"Selain itu sesuai arahan bapak asisten III Bapak Noviardi Kuswan bagaimana dikembangkan bulan kunjungan wisata, di Lambar. Harapannya pekon-pekon membuat kalender wisata dan paket wisata, dan berikutnya bisa di informasikan ke masyaralat," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: