Peringatan Hari Kopi Sedunia, Pemkab Lambar Bakal Gelar Ngopi Bersama

Peringatan Hari Kopi Sedunia, Pemkab Lambar Bakal Gelar Ngopi Bersama

Medialampung.co.id – Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia (International Coffee Day) dan Kabupaten Lambar terkenal sebagai penghasil kopi robusta.

Dalam rangka memperingati hari kopi sedunia tersebut, Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) besok, Jumat (1/10) akan mengadakan acara minum kopi bersama dengan seduh bersama di Sekolah Kopi Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya. Peringatan hari kopi internasional tahun ini dilaksanakan secara sederhana, mengingat saat ini adanya wabah Covid-19. 

“Besok akan diadakan minum kopi bersama dengan seduh bersama di Sekolah Kopi. Selain itu juga akan dilakukan penanaman kopi robusta unggul lokal Lampung Barat Korolla 1 dan Korolla 2,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Ir. Nata Djudin Amran, Kamis (30/9).

Kata dia, pada acara ngopi bersama tersebut, pihaknya akan menyediakan berbagai rasa kopi yang bisa dinikmati para peserta, antara lain dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), LDC, SCOPI, penyuluh pertanian, pengolah kopi, serta petani.

“Kita akan siapkan minuman kopi gratis dan semua bisa menikmati kopi yang akan kita suguhkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar dia.

Lanjut dia, peringatan hari kopi sedunia selain sebagai ajang tali silaturahmi untuk para pecinta kopi, juga untuk memperkenalkan kopi Lambar kepada para pecinta kopi. “Melalui promosi semacam ini kami harapkan kopi Lampung Barat bisa dikenal khalayak luas, sehingga diharapkan berdampak pula pada peningkatan nilai ekonomis produksi kopi yang dihasilkan,” imbuhnya.

Kata dia, peringatan hari kopi sedunia ini merupakan perayaan bagi pecinta kopi, karena, saat ini kopi bukan sekedar minuman biasa. Kopi telah berevolusi menjadi bagian dari gaya hidup. Trend kopi yang kian mendunia inilah yang kemudian melahirkan sebuah gagasan peringatan hari kopi internasional tiap 1 Oktober.

Selain menjadi ajang peringatan hari kopi internasional, acara ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengetahui tentang kopi. Sebab, kopi tidak sekadar minuman, tetapi di dalamnya ada profesi dan juga karya seni. “Kita berharap dengan adanya peringatan hari kopi sedunia ini, kedepan produksi kopi dan mutu kopi di Kabupaten Lambar akan terus meningkat serta diiringi meningkatnya konsumsi kopi di Lampung Barat,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: