Seleksi Calon Direksi dan Dewan Pengawas PDAM Limau Kunci Belum Ada Pendaftar

Seleksi Calon Direksi dan Dewan Pengawas PDAM Limau Kunci Belum Ada Pendaftar

Medialampung.co.id - Hingga Senin (25/10) belum ada satupun pendaftar yang mengirimkan surat lamaran untuk mendaftar seleksi calon direksi dan dewan pengawas pada PDAM Limau Kunci di Kabupaten Lambar. Padahal, pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 15 Oktober dan ditutup 2 November 2021.

“Sejauh ini belum ada satupun pendaftar baik untuk calon direksi maupun dewan pengawas. Bagi masyarakat yang berminat mendaftar silahkan mengirimkan surat lamaran ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Dewan Pengawas dan Direksi Perumda Air Minum Limau Kunci dengan alamat Sekretariat Panitia Seleksi Bagian Perekonomian Setdakab Lampung Barat Jl. Raden Intan No.I Way Mengaku Liwa Lampung Barat,” tegas Kabag Perekonomian Setdakab Lambar Pirwan Bachtiar, S.E, M.M, Senin (25/10). 

Pirwan menjelaskan, proses rekrutmen direksi dan dewan pengawas mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri No.37/2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Barat membuka peluang kepada warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi calon anggota direksi dari unsur independen dan Dewan Pengawas dari unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat untuk masa jabatan 2021-2025,” ungkap Pirwan.

Dikatakannya, untuk persyaratan umum pelamar direksi , yaitu sehat jasmani dan rohani, memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan. Lalu, memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah, memahami manajemen perusahaan, memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha perusahaan, berijazah paling rendah S1 (Strata Satu), pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim, berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun dan paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun pada saat mendaftar pertama kali.

Lanjut dia, tidak pernah menjadi anggota Anggota Direksi dan Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris yang dinyatakan bersalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit, tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah, tidak sedang menjalani sanksi pidana, serta tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif.

Sedangkan untuk persyaratan umum pelamar Dewan Pengawas yakni, sehat jasmani dan rohani, memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan, pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat, dan memahami penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. 

Selain itu, memahami manajemen perusahaan yang berkaitan dengan salah satu fungsi manajemen, menyediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan tugasnya, Berijazah paling rendah S1 (Strata Satu), pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim, berusia paling tinggi 60 (enam puluh lima) tahun pada saat mendaftar pertama kali, dan tidak pernah dinyatakan pailit.

Lalu tidak pernah menjadi anggota Direksi, Dewan Pengawas, atau Komisaris yang dinyatakan bersalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit, tidak sedang menjalani sanksi pidana, dan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala Daerah atau calon wakil Kepala Daerah, dan/atau calon anggota legislatif.

Lebih jauh dia mengatakan, adapun jadwal seleksi yaitu pendaftaran mulai tanggal 15 Oktober-2 November 2021, seleksi administrasi tanggal 15 Oktober-2 November 2021, penetapan hasil seleksi administrasi 3 November 2021, pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 4 November 2021, pelaksanaan psikotes tanggal 8 November 2021, pelaksanaan uji kompetensi 8 November 2021, wawancara dan presentasi makalah 8 November 2021. 

Kemudian, penetapan hasil uji kelayakan dan kepatuhan tanggal 9 November 2021, pengumuman hasil uji kelayakan dan kepatuhan 10 November 2021, penyampaian nama calon direksi dan calon dewan pengawas lulus seleksi kepala daerah tanggal 11 November 2021, wawancara akhir calon direksi dan dewan pengawas oleh kepala daerah/pejabat yang ditunjuk akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2021, penetapan calon direksi dan dewan pengawas terpilih tanggal 15 November tahun 2021.

“Untuk pengumuman hasil seleksi calon direksi dan dewan pengawas akan dilaksanakan pada tanggal 16 November, serta terakhir akan dilaksanakan tanda tangan kontrak kinerja dan surat pernyataan,” tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: