Pemkab Lamteng Gelar Penguatan Jejaring Keluarga Berbasis Gender

Pemkab Lamteng Gelar Penguatan Jejaring Keluarga Berbasis Gender

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Tengah mengadakan acara Penguatan Jejaring Lembaga Kemasyarakatan Keluarga Berbasis Gender di aula Siger Lt. IV, Kantor Pemkab Lamteng, Selasa (6/7). 

Kegiatan yang diikuti perwakilan dari seluruh organisasi wanita yang ada di Lamteng ini dibuka Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Lamteng Eko Dian Susanto mewakili Bupati Musa Ahmad.

Eko mengatakan gender menjadi isu penting dan sering diperbincangkan. "Masa lalu, orang bilang gender merupakan emansipasi wanita. Kesamaan antara hak dan kewajibannya antara lelaki dan perempuan. Dalam hal ini konsep gender adalah kesenjangan antara perempuan dan laki laki dalam keperluan akses, partisipasi, kontrol, dan pemanfaatan hasil pembangunan. Karena itu dipandang perlu untuk memberikan pelayanan keluarga berbasis gender," katanya.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Lamteng Mardiana berharap acara ini bisa menambah pencerahan dan motivasi dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender. "Semoga dengan acara ini akan menambah pencerahan dan motivasi untuk dapat mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di Lamteng," ujarnya.

Peran ibu dalam keluarga, kata Mardiana, sangat menentukan masa depan anak-anak bangsa. "Dari sebuah keluarga, Indonesia mampu bersaing dengan negara maju di dunia. Karena itu, peran perempuan jangan dinomorduakan. Perempuan mampu berdiri dan sejajar dengan laki laki," ungkapnya.

Mardiana menyampaikan sebuah kutipan bahwa kalau perempuan itu baik maka jayalah negara. "Kemudian kalau perempuan itu jelek, runtuhlah negara. Jika kamu mendidik satu laki-laki, kamu mendidik satu orang. Tapi jika kamu mendidik satu perempuan, kamu mendidik satu generasi," tambahnya. (sya/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: