Kegiatan P3-TGAI Bali Sadar Tengah Dilaksanakan Secara Swakelola

Kegiatan P3-TGAI Bali Sadar Tengah Dilaksanakan Secara Swakelola

--

Medialampung.co.id - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berlokasi di Kampung Bali Sadar Tengah Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan, dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat setempat.

Hal itu mengacu pada petunjuk pelaksanaan dan teknis yang ada karena memang program tersebut merupakan program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Terlaksananya program tersebut di Kampung Bali Sadar Tengah pun mendapat apresiasi dari masyarakat setempat, yang mengucapkan terima kasih atas bantuan peningkatan jaringan irigasi di kampung tersebut yang bersumber dari dana APBN tahun 2022 dengan biaya Rp.195.000.000 dengan tim pelaksana P3 Gayatri yang dilaksanakan secara swakelola.

“Seperti inilah proyek itu yang kami inginkan, kami secara swakelola membangunnya sehingga dapat dipastikan kualitasnya akan jauh lebih baik karena kami bukan lembaga yang mencari keuntungan,” ujar Ketua kelompok P3-TGAI GAYATRI Kampung Bali Sadar Tengah Kadek Periyanto.

P3-TGAI GAYATRI ini merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi secara merata dan adil.

Dengan adanya kelompok P3-TGAI GAYATRI ini, penggunaan air irigasi menjadi lebih efisien sehingga sangat membantu petani pemakai air kampung Bali Sadar Tengah.

Lebih jauh Kadek Periyanto, menerangkan, selain sebagai kelompok penggunaan air irigasi P3-TGAI GAYATRI yang dipimpinnya juga berupaya meningkatkan ilmu para anggotanya dengan berbagai pelatihan cara bertani terutama dalam pengelolaan air dan irigasi untuk keperluan pembangunan sektor pertanian.(sah/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: