Terapkan Sistem Swakelola Dana Desa, Pekon Tebaliokh Bangun Jalan Usaha Tani

Terapkan Sistem Swakelola Dana Desa, Pekon Tebaliokh Bangun Jalan Usaha Tani

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Tebaliokh, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menerapkan sistem swakelola dalam pemanfaatan dana desa tahun anggaran 2023.

 

Salah satunya pada kegiatan fisik pembangunan jalan usaha tani sepanjang 196 Meter di Pemangku 3 yang dilakukan secara swakelola oleh masyarakat  dengan sistem bergilir selama 12 hari kerja. 

 

BACA JUGA:Pekon Sukamarga Dongkrak Ketahanan Pangan dengan Budidaya Ikan

Peratin Tebaliokh Iwan Susanto mengatakan, pihaknya menerapkan sistem swakelola dalam pemanfaatan dana desa tahun 2023, agar selain sebagai penerima manfaat, masyarakat dapat turut serta langsung menjadi aktor pembangunan.

 

"Pekerjaan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat dengan jumlah pekerja sebanyak 12 orang per hari secara bergilir dan tentunya mereka juga mendapat upah," ujarnya.

 

BACA JUGA:Ribuan Obat Kedaluwarsa di Lampung Barat Terdiri dari Antibiotik, Cairan Infus Hingga Vitamin

Lebih lanjut Iwan mengatakan pembangunan jalan usaha tani ini menjadi salah satu prioritas program dana desa tahun 2023 tepatnya pada tahap pertama. Ia menyebut, alasan pentingnya peningkatan jalan itu ialah sebagai akses untuk kegiatan bertani dan berkebun.

 

“Mayoritas masyarakat Pekon Tebaliokh adalah petani kopi, sehingga ketersediaan akses jalan yang memadai sangat dibutuhkan, untuk itu tahun ini kita programkan peningkatan jalan dengan volume fisik panjang 196 meter, lebar 2 Meter dengan ketebalan 15 Cm dengan total anggaran sebesar Rp99 Juta lebih," jelasnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: